Pengaruh Suku Bunga, Prosedur Kredit, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Mengambil Kredit Pada LPD

Yanti, Ni Luh Putu Darma and Ariana, I Made and Sudiadnyani, I Gusti Agung Oka (2022) Pengaruh Suku Bunga, Prosedur Kredit, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Mengambil Kredit Pada LPD. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644064_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644064_0013046807_0008117605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (755kB)

Abstract

Di Negara Indonesia, tidak sedikit pelaku usaha yang sangat memerlukan dana sebagai modal menjalankan usahanya. Kredit yang diberikan LPD Desa Adat Padangtegal adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa adat, misalkan untuk permodalan usaha UMKM. Realisasi penyaluran kredit pada LPD Desa Adat Padangtegal mengalami fluktuasi dari tahun 2019-2021. Pencapaian realisasi penyaluran kredit paling rendah terjadi pada tahun 2021 yakni sebesar -7,09%. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kredit yang disalurkan maka dibutuhkan suatu inovasi atau upaya-upaya yang dapat menambah daya tarik nasabah khususnya menarik minat dalam mengambil kredit. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suku bunga, prosedur kredit, dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah dalam mengambil kredit pada LPD Desa Adat Padangtegal. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kuisioner yang disebarkan kepada 83 nasabah kredit tahun 2021 pada LPD Desa Adat Padangtegal. Variabel dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel suku bunga (X1) berpengaruh negatif terhadap minat nasabah dalam mengambil kredit (Y), variabel prosedur kredit (X2), dan kualitas pelayanan (X3) masing-masing berpengaruh positif terhadap minat nasabah dalam mengambil kredit (Y). Secara simultan ketiga variabel bebas berpengaruh terhadap minat nasabah dalam mengambil kredit dan memiliki persentase pengaruh sebesar 83,6%. Kata kunci: suku bunga, prosedur kredit, kualitas pelayanan, minat nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Putu Darma Yanti
Date Deposited: 16 Sep 2022 17:50
Last Modified: 16 Sep 2022 17:50
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item