Analisis Strategi Promosi Indihome Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Era Endemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pt Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Kantor Daerah Telkom (Datel) Denpasar Selatan)

Wardani, Luh Gede Puspita Kusuma and Dananjaya, Ida Bagus Gede and Sarjana, I Made (2023) Analisis Strategi Promosi Indihome Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Era Endemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pt Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Kantor Daerah Telkom (Datel) Denpasar Selatan). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744077_0009049305_0031126084_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744077_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Kantor Daerah Telkom (Datel) Denpasar Selatan mengalami penurunan penjualan pada tahun 2020-2022 karena terdampak pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi promosi prioritas yang dapat dilakukan Datel Denpasar Selatan untuk memasarkan IndiHome dalam menghadapi persaingan bisnis pada era endemi Covid-19. Strategi promosi prioritas ini ditentukan berdasarkan teknik analisis strategic planning, yaitu, tahap pengumpulan data menggunakan matriks IFAS dan EFAS, tahap analisis data menggunakan matriks IE dan matriks SWOT, dan tahap pengambilan keputusan menggunakan QSPM. Analisis SWOT menunjukkan posisi perusahaan berada pada sel V: Growth & Stability yang berarti perusahaan masih dapat menaikkan profit dan penjualan tanpa perlu melakukan perluasan jenis produk dan strategi promosi. Terdapat 8 strategi alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan QSPM, strategi prioritas yang dapat diimplementasikan perusahaan adalah memanfaatkan momentum hari-hari tertentu secara direct melalui door-to-door dan open table pada daerah dengan ODP okupansi berstatus kuning dan hijau serta pada event-event tertentu, maupun secara online dengan memanfaatkan konten promosi pada saluran digital dengan menyasar target pasar yang spesifik dan waktu yang ditentukan sekaligus sebagai program evaluasi terhadap kemampuan salesforce dalam melakukan pelayanan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Luh gede Puspita Kusuma Wardani
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:30
Last Modified: 06 Sep 2023 01:30
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7543

Actions (login required)

View Item View Item