Mekanisme Pembayaran Tagihan Material Melalui Aplikasi Vendor Invoicing Portal (VIP) Pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali

Anggawati, Ni Luh Diah and Adiningrat, Gede Pradiva and Sanjaya, I Gusti Ngurah (2023) Mekanisme Pembayaran Tagihan Material Melalui Aplikasi Vendor Invoicing Portal (VIP) Pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713168_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referesi)
RAMA_63411_2015713168_0031019202_0014086505_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (945kB)

Abstract

Kemajuan era globalisasi banyak memberikan pengaruh yang dirasakan dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat di dunia. Salah satu perubahan yang terjadi terkait dengan adanya kemajuan era globalisasi ini adalah kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat. Teknologi Informasi memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan manusia yang semakin bertambah banyak. Pada PT PLN UID Bali memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menggunakan aplikasi guna untuk menunjang efektif dan efisiensi kerja. Pada proses pembayaran tagihan material yang sebelumnya berbasis manual dirasa kurang efektif dalam mempercepat segala proses pembayaran , dimana munculnya berbagai masalah mulai dari terlambatnya pembayaran tagihan material yang dikarenakan vendor tidak melengkapi persyaratan kelengkapan berkas tagihan sesuai dengan yang tertuang pada kontrak rinci, salah satunya adalah berkas surat jalan yang tidak dilengkapi pada saat pengiriman material, karena berkas surat jalan ini akan menjadi bagian dari kelengkapan berkas tagihan, jika berkas tagihan tidak lengkap maka proses pengajuan tagihan tidak bisa dilaksanakan sehingga pembayaran atas material yang dikirim oleh pihak vendor akan menjadi terlambat karena telah melebihi batas jangka waktu kontrak pembelian material. Kemudian adanya permasalahan pada berkas tagihan seperti salah pengetikan akan membuat proses validasi dan verifikasi berkas tidak bisa dilakukan karena berkas harus dikembalikan ke vendor untuk dilakukan perevisisan, hal ini juga mengakibatkan keterlambatan pembayaran material dan pihak PLN harus menunggu berkas yang direvisi dikirim kembali. Dari hasil penelitian ini adanya aplikasi Vendor Invoicing Portal (VIP) pada PT. PLN Unit Induk Distribusi Bali sangat memudahkan dan mempercepat segala proses pembayaran tentunyan dengan memperhatikan semua tahap demi tahap untuk memngindari kesalahan pada pembayaran yang berbasis manual terulang kembali. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi kepustakaan, dokumentasi, dan triangulasi data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Luh Diah Anggawati
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:56
Last Modified: 06 Sep 2023 00:56
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7604

Actions (login required)

View Item View Item