Implementasi Corpotare Social Responsibility Berdasarkan Konsep Tri Hita Karana pada Hotel The Ritz-Carlton Bali

Pujayanti, Ni Luh Ayu Risma and Wendri, I Gusti Made and Triyuni, Ni Nyoman (2023) Implementasi Corpotare Social Responsibility Berdasarkan Konsep Tri Hita Karana pada Hotel The Ritz-Carlton Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834036_0023095811_0031126285_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834036_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tanggung jawab sosial muncul dan berkembang sejalan dengan adanya interelasi antara pihak perusahaan dan masyarakat. Untuk meninimalisir dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan agar dapat diterima oleh masyarakat, maka program CSR di terapkan di beberapa perusahaan. Demikian pula halnya perhotelan yang ada di Bali salah satunya adalah Hotel The Ritz-Carlton Bali. Implementasi program CSR pada industri perhotelan akan memberikan dampak positif dalam jangka waktu yang panjang bagi hotel tersebut. Jika penerapan CSR tersebut secara konsisten dilaksanakan pada hotel di Bali akan berpeluang mendapatkan Tri Hita Karana Award. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan corporate social responsibility (CSR) berdasarkan konsep Tri Hita Karana (THK) di Hotel The Ritz-Carlton Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif, yang digunakan untuk mrnguraikan informasi yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara dari pihak human resource dan karyawan The Ritz-Carlton Bali. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan total jumlah 3 informan dan 12 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan CSR pada The Ritz-Carlton Bali sudah sesuai dengan konsep Tri Hita Karana, namun sayangnya Hotel ini belum mendapatkan Tri Hita Karana Award dikarenakan pihak hotel merasa belum memiliki urgency terkait dengan award tersebut. Dari hasil penyebaran kuesioner, CSR aspek sosial mendapatkan nilai rata-rata 4,61 yang menunjukan bahwa penerapan tanggung jawab perusahaan antar sesama semasa dan komunitas lokal di Ritz-Carlton Bali sudah sesuai. Sedangkan pada aspek lingkungan, nilai rata-rata yang di peroleh sebesar 4,82 yang menunjukan bahwa tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan pelestarian alam berjalan dengan baik. Pada aspek keagaaman memperoleh nilai rata-rata 4,83 yang menunjukan bahwa tanggung jawab perusahaan dalam aspek keagamaan berjalan dengan baik sehingga keharmonisan dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Agama dan Filsafat
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Ayu Risma Pujayanti
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:19
Last Modified: 07 Sep 2023 02:19
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item View Item