Prosedur Pengajuan Klaim Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Denpasar

Meliyanti, Mega and Widiantara, I Made and Muderana, I Ketut (2023) Prosedur Pengajuan Klaim Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713035_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713035_0018027901_0031126240_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) melakukan pelayanan kesehatan yang bersifat spesialistik atau subspesialistik yang meliputi rawat jalan dan rawat inap. BPJS Kesehatan setiap bulan tidak langsung membayarkan klaim yang diajukan fasilitas kesehatan. Dimulai dengan melengkapi berkas klaim dengan hasil klaim lulus verifikasi dan tidak lulus verifikasi. ketidaklengkapan berkas menyebabkan berkas klaim akan dikembalikan atau pending claim. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan metode deskriptif kualitatif, Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis Deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data berupa uraian singkat, hubungan antar kategori dan flowchart, penarikan kesimpulan.Terdapat 2 tahap pengajuan klaim, klaim tahap pertama dilakukan pada awal bulan maksimal tanggal 10 setiap bulannya dan pembayaran akan dilakukan pada bulan yang sama, yaitu 15 hari setelah klaim lengkap, klaim tahap kedua Pengajuan klaim merupakan pengajuan klaim berkelanjutan dari dokumen klaim pada tahap pertama diajukan paling lambat H-6 bulan. Penelitian ini menunjukan bahwa Perlu dilakukan Pendokumentasian Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Surat Keputusan (SK) Direktur untuk penetapan regulasi sebagai acuan dalam pelaksanaan pengajuan klaim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Mega Meliyanti
Date Deposited: 09 Sep 2023 12:38
Last Modified: 09 Sep 2023 12:38
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item