Implementasi Green Marketing Mix dalam Meningkatkan Hunian Kamar di Alam Ubud Villa

Wahyuni, Dewa Ayu Mitha and Lien, Darlina and Sagitarini, Luh Linna (2023) Implementasi Green Marketing Mix dalam Meningkatkan Hunian Kamar di Alam Ubud Villa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834138_0008126605_0009127902_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834138_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan isu lingkungan dan kesadaran untuk melindungi alam telah mendorong industri perhotelan untuk mengadopsi strategi pemasaran yang bertanggung jawab secara lingkungan. Salah satunya adalah green marketing mix, yang bertujuan untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam semua aspek pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi green marketing mix dalam meningkatkan hunian kamar di Alam Ubud Villa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan pada tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan metode deskriptif kuantitatif melalui statistika deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, studi pustaka dan focus group discussion. Informan dalam penelitian ini terdiri yaitu director of sales and marketing, senior sales manager, sales manager, assistant e-commerce manager, reservation supervisor, dan reservation. Hasil penelitian yang pertama yaitu Alam Ubud Villa sudah mengimplementasikan green marketing mix yang terdiri dari green product, green price, green place, dan green promotion dengan dibuktikan hasil rata-rata presentase yaitu sebesar 86% yang artinya masuk dalam kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi green marketing sudah dilakukan dengan baik. Namun implementasi green promotion belum optimal khususnya pada promosi yang ditawarkan unik dan berbeda. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa implementasi green marketing mix telah meningkatkan penjualan kamar dibandingkan sebelum menerapkan konsep ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Dewa Ayu Mitha Wahyuni
Date Deposited: 01 Sep 2023 12:22
Last Modified: 01 Sep 2023 12:22
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item