Saraswati, Kadek Yati and Astawa, I Putu and Ginaya, Gede (2023) Model Digital Marketing dalam Menunjang Wisata Bahari pada Desa Bondalem. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 6 dan Referensi)
RAMA_93103_2115885004_0020096606_0019096606_PART.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93103_2115885004_FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini digital marketing menjadi pilihan seiring dengan perkembangan internet yang dapat mempermudah pelaksanaan pemasaran melalui berbagai media online termasuk pemasaran wisata bahari. Bondalem Eco Dive adalah salah satu contoh unit usaha wisata bahari yang menggunakan digital marketing. Namun saat ini strategi digital marketing yang diterapkan belum berjalan maksimal. Karena hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan digital marketing yang saat ini sudah berjalan di Desa Bondalem dan menghasilkan model digital marketing yang dapat diterima untuk diterapkan dalam menunjang wisata bahari Desa Bondalem. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, focus group discussion dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan data collection, data display dan conclusion. Metode penentuan sample menggunakan purposive sampling dengan memilih responden yang sesuai kriteria tertentu yakni terdiri dari 4 orang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa saat ini digital marketing yang diterapkan di Desa Bondalem hanya mencakup 5 dari 10 indikator digital marketing yang ada yakni Content Marketing, Visual Marketing, Integrated Digital Marketing, Affiliate Marketing dan Social Media Marketing. Hal ini menjadi gambaran bahwa penerapan digital marketing dalam memasarkan wisata bahari di Desa Bondalem belum berjalan maksimal. Kemudian hasil penelitian ini berupa pemodelan strategi digital marketing yang dapat diterima pada Desa Bondalem. Terdiri dari pemodelan Website sebagai media utama dengan memperhatikan nama domain, tampilan, pengembangan konten, penambahan visualisasi, publikasi website dan ditunjang dengan SEO dan SEM. Kemudian terdapat media sosial sebagai pendukung menggunakan 3 platform yakni Facebook, Instagram dan Youtube dan didukung pengembangan konten serta publikasi. Kedua model tersebut sudah mencakup 10 indikator digital marketing sehingga mampu memaksimalkan penerapan digital marketing pada wisata bahari Desa Bondalem.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis |
Depositing User: | Kadek Yati Saraswati |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 12:40 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 12:40 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7793 |
Actions (login required)
View Item |