Memaksimalkan Servicescape dan Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Bri) Cabang Renon

Saputra, I Gusti Ngurah Made Yudi and Putra, Kadek Dwi Cahaya and Dewi, Nyoman Indah Kusuma (2023) Memaksimalkan Servicescape dan Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Bri) Cabang Renon. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744107_0005037704_0029096404_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744107_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dengan meningkatnya minat masyarakat untuk menjadi pengusaha, akan diiringi meningkatnya sifat kompetitif yang dimiliki oleh pengusaha. Para pengusaha khususnya di perbankan harus dapat lebih kreatif dan inovatif sehingga perusahaannya memiliki sifat differentiator (pembeda) dengan perusahaan lainnya. Menurut Wakefield dan Blodgett (2018), servicescape dapat memainkan peran sebagai pembeda dan dapat mempengaruhi minat belanja masyarakat, di samping itu menurut Kotler (2018), konsumen akan lebih merasakan kepuasan dengan karyawan yang memiliki kemampuan dalam teknik berinteraksi. Penelitian ini akan mengetahui hubungan yang terjadi antara servicescape dan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan loyalitas nasabah BRI cabang Renon, serta akan menghasilkan saran bagaimana cara memaksimalkan servicescape dan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Jumlah dari populasi penelitian ini yaitu 4.240 nasabah BRI cabang Renon, dengan menggunakan metode aksidental, sampel dari penelitian ini berjumlah 132 nasabah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan selama satu bulan, dalam pengolahan data akan dibantu menggunakan metode SEM-PLS. Hasil pengujian pada R-Square menunjukan bahwa varibael servicescape dan komunikasi interpersonal dapat menjelaskan variabel loyalitas nasabah BRI sebesar 69 %, sedangkan sisanya 31% dijelaskan oleh variabel lainnya. Selanjutnya dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa servicescape dan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI cabang Renon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Gusti Ngurah Made Yudi Saputra
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:49
Last Modified: 07 Sep 2023 05:49
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7801

Actions (login required)

View Item View Item