Penanganan Pengaduan pada Aplikasi PLN Mobile PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Denpasar

Irawahyuni, Kadek Dian and Rahmanu, I Wayan Eka Dian and Sukartini, Ni Wayan (2023) Penanganan Pengaduan pada Aplikasi PLN Mobile PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713005_0820058802_0022046210_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713005_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah perusahaan tentunya akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggannya. Sama halnya dengan PT PLN yang terus berusaha untuk melakukan perbaikan pelayanan salah satunya dengan meluncurkan Aplikasi PLN Mobile yang ada di genggaman pelanggan smartphone berbasis Android dan IOS. Aplikasi PLN Mobile adalah suatu Aplikasi Mobile Customer Service yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) yang digunakan untuk melakukan pengaduan dan keluhan terpadu, pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi dari PLN. Namun dilihat dari grafik sumber laporan keluhan. Pelanggan menyampaikan keluhan melalui Aplikasi PLN Mobile dengan persentase 50,27%. Dalam peneletian ini terdapat dua rumusan masalah yang penulis dapatkan yaitu bagaimana cara PLN dalam melakukan penanganan pengaduan pada Aplikasi PLN Mobile dan apa saja kendala dan solusi yang dihadapi dalam penanganan pengaduan pada Aplikasi PLN Mobile. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang merupakan analisis data dengan cara menguraikan dan memaparkan secara lengkap masalah yang diteliti berdasarkan data keterangan yang diperoleh di lapangan sehingga nantinya dapat menjadi acuan dalam menangani keluhan pelanggan dengan berlandarkan teori penanganan, pelayanan, penanganan keluhan dari penelitian tedahulu. Luaran yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai sistem informasi terkait dengan bagaimana penanganan pengaduan pada Aplikasi PLN Mobile dan sebagai identifikasi permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan penanganan pengaduan pelanggan yang diterima melalui aplikasi PLN Mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Kadek Dian Irawahyuni
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:23
Last Modified: 08 Sep 2023 05:23
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7850

Actions (login required)

View Item View Item