Analisis Budaya Organisasi Pada Kantor Wilayah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Denpasar

Deviyanti, Ni Luh Putu and Sanjaya, Ida Bagus and Wajdi, Majid (2023) Analisis Budaya Organisasi Pada Kantor Wilayah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744043_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1,Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744043_0030076308_0008126207_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap pada Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia di Denpasar dengan teknik pengambilan sample menggunakan teknik Purposive sampling dimana teknik penentuan sample dengan kriteria tertentu. Selanjutnya sample dihitung menggunakan rumus slovin dengan menggunakan taraf kesalahan 5%, sehingga dapat di tentukan sample dalam penelitian ini sebesar 67 karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument). Analisis dilakukan terhadap karyawan yang sudah menjadi karyawan tetap selama 10 tahun atau lebih sehingga dapat mengungkap budaya yang dominan saat ini dan budaya yang diharapkan oleh karyawan. Data diperoleh dari hasil perhitungan nilai rata-rata kuesioner yang sudah di isi oleh seluruh responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya Hierarchy yang mendominasi budaya organisasi pada Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia di Denpasar dilihat dari hasil skor rata-rata yang menunjukkan bahwa Hierarchy Culture mendapatkan nilai rata-rata 28.87 dari perhitungan keseluruhan budaya. Sedangkan budaya yang diharapkan oleh karyawan adalah budaya Market. Terlihat adanya kecenderungan budaya Market yang lebih kuat sebagai tipe budaya yang diharapkan dimana hasil dari nilai rata-rata budaya Market adalah 31.52 dari perhitungan keseluruhan budaya. Perhitungan budaya organisasi ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan perusahaan dalam menentukan budaya organisasi di tahun berikutnya agar dapat menjalankan perusahaan menjadi lebih efisiensi dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Putu Deviyanti
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:57
Last Modified: 05 Sep 2024 05:27
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item