Nirwan, Nirwan and Ginaya, Gede and Septevany, Elvira (2023) Strategi Green Marketing dalam Meningkatkan Room Occupancy pada Hotel Ombak Sunset Gili Trawangan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854034_0019096606_0026098907_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854034_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi green marketing yang digunakan Hotel Ombak Sunset Gili Trawangan dalam meningkatkan room occupancy. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, Focus Group Discussion, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan strate-gi bauran pemasaran yang meliputi green product, green price, green promotion, green place, green people, green process dan green physical evidence (Chatterjee, 2009) yang dikenal dengan 7P. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), IFAS, EFAS dan Diagram Cartesius SWOT. Hasil penelitian ini menujukkan nilai skor IFAS 3.206 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 3,098 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Pada diagram Cartesius menunjukkan posisi perusahaan dalam keadaan agresif yang sangat menguntungkan yaitu pada Kuadran level 1. Untuk matrik SWOT Hotel Ombak Sunset berada pada kotak “SO” (Strength, Opportunity), dimana perusahaan mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang dimiliki perus-ahaan. Hotel Ombak Sunset harus tetap konsisten menjalankan strategi green mar-keting dengan memanfaatkan semua tools media social, aktif melakukan google campaign promotion lainnya di jejaring media social, Memperluas jaringan e-commerce dan tidak hanya berfokus pada TOP 5 OTA (online travel agent) sepeti; agoda, Expedia, Booking.com, Hotel.com, Wotif, R B&B, dan lainnya. Sehingga lebih banyak pasar/konsumen yang bisa diperoleh. Hal ini baik bagi Hotel Ombak Sunset Gili Trawangan untuk mengurangi kelemahan dan meminimalisir ancaman agar dapat meningkatkan room occupancy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Nirwan Nirwan |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 02:40 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 02:40 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7896 |
Actions (login required)
View Item |