Saputra, I Kadek Agus Dwi and Sumetri, Ni Wayan and Waelan, Waelan (2023) Proses Pengadaan Alat Tulis Kantor di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713083_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713083_NIDN0012036408_NIDN0003046010_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (603kB) |
Abstract
Pengadaan merupakan salah satu fungsi yang penting dalam setiap perusahaan, karena sebuah perusahaan tentunya memerlukan sebuah pasokan barang dan fungsi pengadaan bertanggung jawab untuk mengaturnya. Fungsi pengadaan harus dijalankan dengan baik, apabila ditangai secara buruk maka barang-barang tidak akan sampai, barang yang datang tidak sesuai dengan yang dipesan, jumlah yang salah, kualitas yang buruk, harga yang tidak sesuai, dan lain sebagainya. Salah satu barang yang sangat diperlukan didalam menunjang kegiatan operasional perusahaan adalah alat tulis kantor (ATK) . Alat tulis kantor adalah sekelompok peralatan dan bahan yang digunakan di kantor atau lingkungan kerja untuk menunjang kegiatan administrasi, penulisan, percetakan, dan pengarsipan. Penggunaan alat tulis kantor yang tepat dan efektif dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di lingkungan kerja. Selain itu, pemilihan alat tulis kantor yang tepat juga dapat mempengaruhi kenyamanan para penggunanya. Oleh karena itu, perusahaan atau kantor perlu memperhatikan kualitas, keamanan, dan kenyamanan alat tulis kantor yang disediakan untuk para karyawan. Dalam pelaksanaan pengadaan alat tulis kantor pada perusahaan dimulai dari proses penyeleksian jenis, merek, verifikasi produk, pemilihan vendor, hingga penetapan waktu pembelian barang yang dilakukan secara berkala. Ketersediaan alat tulis kantor ditentukan pula oleh perencanaan dan pelaksanaan proses pengadaan.Sebagai sebuah perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pelayanan lalu lintas penerbangan di Indonesia, PT Angkasa Pura I dituntut harus memiliki sebuah sistem kerja dan sistem operasional yang baik. Tentunya di dalam menunjang operasional kerja yang baik perlu ditunjang dengan alat tulis kantor yang memadai dan tercukupi. PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyadari pentingnya pengadaan alat tulis kantor yang efektif dan efisien. Didalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali berpedoman pada Keputusan Direksi PT Angkasa Pura I (PERSERO) Nomor : KEP. 01/PL.02/2020 Tentang Pedoman Pengadaan Barang Dan/Atau Jasa Di PT Angkasa Pura I ( Persero ). Proses pengadaan barang atau jasa PT Angkasa Pura I menerapkan prinsip efisien, efektif, kompetitif, transparan, terbuka, adil dan wajar, dan akuntabel. Rumusan Masalah : 1. Bagaimanakah proses pengadaan alat tulis kantor di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali ? 2. Apa sajakah kendala-kendala didalam proses pengadaan alat tulis kantor PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali ? Metode Analisis : Menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif Luaran : Flowchart proses pengadaan alat tulis kantor di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Intenasional I Gusti Ngurah Rai-Bali
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Kadek Agus Dwi Saputra |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:25 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:25 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7897 |
Actions (login required)
View Item |