Prosedur Administrasi Layanan Pasang Baru Tenaga Listrik di PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Selatan

Raswari, Ni Kadek Ayu Dwi and Laksana, I Putu Yoga and Supiatni, Ni Nyoman (2023) Prosedur Administrasi Layanan Pasang Baru Tenaga Listrik di PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Selatan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713060_0009098804_0031126290_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713060_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur menjadi kunci utama pendorong peningkatan penggunaan energi listrik. tanpa disadari kini listrik sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia modern, yaitu sebagai salah satu kebutuhan pokok. Dianggap sebagai kebutuhan pokok karena hampir tidak ada aktivitas yang tidak melibatkan penggunaan energi listrik. Permintaan energi listrik tidak hanya datang dari rumah tangga tetapi dari berbagai sektor lainnya seperti sektor industri, sosial, pariwisata, pertanian, perikanan hingga instansi pemerintahan. PT PLN sebagai penyedia pelayanan jasa ketenagalistrikan memiliki 3 (Tiga) produk utama yaitu layanan pasang baru, sambung sementara dan ubah daya. Dari beberapa layanan yang dimiliki PT PLN, layanan pasang baru merupakan salah satu transaksi pelayanan yang kerap terjadi setiap bulannya. Layanan pasang baru merupakan salah satu pelayanan yang timbul akibat upaya dalam memenuhi permintaan dan kebutuhan calon pelanggan yang memiliki bangunan baru. Terdapat rangkaian kegiatan dan kelengkapan berkas yang harus dipersiapkan calon pelanggan hingga akhirnya pemasangan sambungan baru energi listrik dapat dikatakan selesai. Dalam rangka menjaga kualitas layanan dan kinerja perusahaan tetap baik maka administrasi harus dilaksanakan semaksimal mungkin agar dapat diketahui secara terbuka oleh pelanggan dan dapat diawasi sehingga tidak terjadi kesalahan administratif, penyelewengan atau penyalahgunaan dari pihak terkait yang tidak bertanggung jawab yang dapat menyebabkan terhambatnya proses penyambungan pasang baru energi listrik. Dalam penelitian ini, terdapat 2 rumusan masalah antara lain bagaimanakah prosedur administrasi layanan pasang baru tenaga listrik di PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Selatan? serta apa saja kendala dan solusi dalam proses administrasi layanan pasang baru tenaga listrik di PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Selatan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif atau kedalam sebuah pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung di lapangan, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini yaitu manual e-book yang nantinya akan berisikan informasi mengenai layanan pasang baru, yang diharapkan akan membantu perusahaan dalam mengenalkan kemudahan layanan pasang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Ayu Dwi Raswari
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:31
Last Modified: 08 Sep 2023 02:31
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7907

Actions (login required)

View Item View Item