Penanganan Reservasi Bali Lombok Daily Shuttle Bus melalui Website oleh Staf Reservasi pada PT Perama Swara Tour and Travel

Ningtias, Ayu and Budarma, I Ketut and Nova, Muhamad (2023) Penanganan Reservasi Bali Lombok Daily Shuttle Bus melalui Website oleh Staf Reservasi pada PT Perama Swara Tour and Travel. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_0031126283_0828119301_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93401_2015813012_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bagaimana penanganan reservasi bali lombok daily shuttle bus melalui website oleh staf reservasi pada PT Perama Swara Tour and Travel dan hambatan yang dihadapi dalam penanganannya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam tugas akhir ini adalah observasi partisipasi, wawancara terstruktur, dokumentasi, studi kepustakaan dan diolah dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari tugas akhir ini adalah terdapat tahapan dalam pelayanan reservasi bali lombok daily shuttle bus melalui website yaitu tahapan persiapan diri dan prasarana lima belas menit sebelumnya dan juga menyiapkan pendukung lainnya seperti catatan titik pemberhentian bus dan jadwal pemberangkatan. Kemudian diperlukan pemahaman mengenai rute-rute bus dan metode pembayarannya. Setelah mempersiapkan diri, terdapat tahapan penanganan dengan masuk dan memeriksa mana pesanan yang belum mendapatkan balasan konfirmasi manual sehingga pada tahapan ini diperlukan ketelitian supaya tamu dapat menerima informasi pemberangkatan dan datang tepat waktu. Dan pada tahapan akhir yaitu memasukkan data-data reservasi yang telah dibalas ke grup reservasi serta sheets reservasi sebagai back up data dan database yang akan digunakan oleh staf yang bertugas untuk membuat job order setiap harinya. Kemudian terdapat juga beberapa hambatan berupa pembatalan, perubahan, dan fake reservation yang harus ditangani sesuai dengan prosedur sehingga tidak akan menjadi hambatan pada pengolahan data reservasi oleh staf yang bertugas membuat Job Order.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Ningtias
Date Deposited: 03 Sep 2023 12:08
Last Modified: 03 Sep 2023 12:08
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item