Penanganan Pemesanan Kamar Hotel oleh Reservation Agent melalui Online Travel Agent di Anantara Uluwatu Bali Resort

Puspita, Ni Komang and Antara, Dewa Made Suria and Sudarmini, Ni Made (2023) Penanganan Pemesanan Kamar Hotel oleh Reservation Agent melalui Online Travel Agent di Anantara Uluwatu Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823163_0015096410_0026056411_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (429kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823163_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pembahasan mengenai penanganan pemesanan kamar hotel oleh reservation agent melalui online travel agent di Anantara Uluwatu Bali Resort diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1.Penanganan pemesanan kamar hotel melalui online travel agent di Anantara Uluwatu Bali Resort terdiri dari tiga tahapan yaitu: a.Tahap persiapan. Pada tahap persiapan dibagi menjadi 2 yaitu persiapan diri dan persiapan kerja. Tahap persiapan diri terdiri dari melakukan absensi finger print, memakai pakaian bebas rapi, memakai name tag, tidak memakai banyak perhiasan, menggunakan make up tidak boleh terlalu tebal, bila menggunakan cat rambut harus warna hitam atau coklat gelap, menggunakan deodorant, menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sedangkan dalam tahap persiapan kerja terdiri dari membersihkan area kerja, mempersiapkan alat kerja, dan melakukan login ke sistem VHP. b.Tahap penanganan. Tahap penanganan yang dilakukan yaitu menerima reservasi melalui Booking.com, mengirimkan email konfirmasi, melakukan login pada sistem VHP, searching booking voucher/id, memasukkan reservasi ke sistem VHP, menentukan room rate, memperbarui guest card, dan menambahkan reservation remark. c.Tahap akhir. Pada tahap akhir ini, seorang reservation agent akan melakukan double check, hal ini bertujuan untuk menghindari ketidaksesuaian data yang sudah dimasukkan ke sistem VHP dengan voucher yang masuk melalui OTA. Hambatan yang dihadapi ketika melakukan penanganan pemesanan kamar hotel melalui online travel agent di Anantara Uluwatu Bali Resort yaitu: a. No Show. Adapun tindakan yang dilakukan seorang reservation agent adalah meminta uang ganti rugi kamar selama satu malam kepada pihak tamu jika credit card undername nama tamu, jika melalui booking.com vcc maka pihak hotel meminta uang ganti rugi kepada pihak booking.com. b. Reservasi Website Tidak Otomatis Masuk Ke Sistem. Adapun tindakan yang seorang reservation agent harus memeriksa email reservasi website secara berkala, solusi lainnya dengan cara melakukan upgrade room 1 tingkat diatasnya misalnya ocean view suite di upgrade menjadi ocean front suite tetapi sesuai dengan ketersediaan kamar pada periode tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Komang Intan Triatma Puspita
Date Deposited: 03 Sep 2023 12:13
Last Modified: 03 Sep 2023 12:13
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7971

Actions (login required)

View Item View Item