Kusumayanti, Ni Putu Eka Nanda and Damayanti, Ida Ayu Kade Werdika and Sumawidari, Ida Ayu Ketut (2022) Pelayanan Healthy Food Dinner dengan A’la Carte Menu oleh Waiter/ss pada Herb Library Restaurant di Adiwana Resort Jembawan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823086_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_93402_1915823086_0001056408_0005077210_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (476kB) |
Abstract
Adiwana Resort Jembawan adalah resort yang menawarkan retret kebugaran yang terletak di pusat daerah Ubud di jalan Jembawan No. 1 Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Resort ini berfokus pada peremajaan tubuh, pikiran dan jiwa pada setiap tamu yang menginap. Hotel Adiwana menawarkan program gaya hidup yang disesuaikan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu yang dimiliki oleh tamu. Adiwana Hotels and Resort didirikan oleh group inti dari hotel profesional yang telah mendapatkan pengalaman yang luas dan itensif dalam pengembangan hotel dan pengoperasian hotel. Properti Adiwana berasal dari bahasa sansekerta yaitu Adi artinya utama/agung/besar, wana artinya hutan, Philosopy Adiwana adalah hutan yang utama, agung dan besar yang memberikan rumah untuk tempat berlindung, mendapatkan udara, air dan makanan untuk semua makhluk hidup. Adiwana Resort Jembawan merupakan salah satu resort bintang 4 yang memiliki beberapa bidang usaha seperti : penyewaan kamar sejumlah 37 kamar, pelayanan makanan dan minuman di Herb Library Restaurant, serta penyewaan fasilitas dan pelayanan lainnya seperti fasilitas yoga di yoga pavilion, serta pijat relaksi dan perawatan spa di tejas spa. Tamu yang menginap di Adiwana Resort Jembawan kebanyakan tamu yang memiliki pola gaya hidup sehat dan banyak tamu yang vegetarian. Berdasarkan hasil wawancara dengan restaurant captain di Herb Library, tamu yang datang ke restoran ini lebih banyak saat malam hari, karena restoran ini melayani dinner dengan menyajikan menu yang sehat diolah dari bahan-bahan lokal dengan proses pengolahan menggunakan sedikit minyak sehingga makanan menjadi lebih sehat serta nutrisi yang terkandung dalam makanan yang diolah tersebut tidak hilang. Hal ini menyebabkan banyak tamu yang datang untuk menikmati dinner. Pelayanan Dinner atau makan malam di Herb Library Restaurant yaitu menggunakan a’la carte menu. Dimana setiap susunan minuman dan makanan yang dicantumkan dalam daftar menu telah dilengkapi dengan harga per-itemnya sehingga setiap tamu dapat memilih minuman dan makanan apa yang disukai sehingga kebutuhan tamu bisa terpenuhi. Seorang waiter/ss harus memiliki kecakapan dan keterampilan dalam melayani makanan dan minuman secara profesional. Untuk meningkatkan kenyamanan tamu yang datang ke restoran, maka waiter/ss harus memiliki penampilan yang rapi dan menarik. Penampilan diri seorang waiter/ss akan mendukung pelayanan yang berkualitas yang akan diberikan kepada tamu selain itu seorang waiter/ss harus mengetahui yang benar dalam melayani tamu agar dapat membuat tamu merasa nyaman saat menikmati hidangan yang terdapat di restoran. Pelayanan healthy food dinner pada Herb Library Restaurant memiliki beberapa tahapan yang harus dilaksanakan sebelumnya demi tercapainya hasil yang baik yaitu : tahap persiapan diri, tahap persiapan operasional, tahap pelaksanaan dimulai dari menyambut tamu yang datang ke restoran lalu melayani tamu di restoran hingga mengucapkan terima kasih kepada tamu, danyang terakhir adalah tahap penutupan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Putu Eka Nanda Kusumayanti |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 01:46 |
Last Modified: | 18 Sep 2022 12:54 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
View Item |