Ganti, I Nyoman and Ruki, Made and Natalia, Sang Ayu Made Krisna Dewi (2023) Penanganan Barang Bawaan Tamu Grup saat Check In dan Check Out oleh Guest Service Officer di Conrad Bali Resort And Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823073_0006106208_0825128901_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (387kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823073_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Menurut Undang-Undang Pariwisata Nomor 10 Tahun 2009, “Industri Pariwisata adalah kumpulan usaha yang saling terkait dalam rangka menghasilkan barang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dalam penyelenggaraan pariwisata. Ruang lingkup industri pariwisata menyangkut berbagai sektor ekonomi. Adapun aspek-aspek yang tercakup dalam industri pariwisata antara lain: Restoran, Penginapan, Pelayanan perjalanan, Transportasi, Pengembangan Daerah Tujuan Wisata, Fasilitas Rekreasi, serta Atraksi Wisata. Dari pemaparan diatas disebutkan salah satu ruang lingkup dari industri pariwisata adalah Penginapan yang dalam hal ini dapat berupa Hotel, Motel, Villa, dan beberapa jenis penginapan lainya. Menurut Hurdawaty dan Paranika (2018:7) Hotel merupakan tempat menginap yang terdiri atas beberapa kamar yang disewakan kepada masyarakat umum untuk waktu-waktu tertentu serta menyediakan makanan dan minuman untuk para tamunya. Berdasarkan pengertian tersebut, Hotel merupakan produk usaha yang bergerak dalam bidang akomodasi yang dikelola secara komersial dengan tujuan mendapat keuntungan. Hotel memerlukan pengelolaan secara terus menerus untuk melayani konsumennya, hal ini juga sesuai dengan rumusan dari aspek pariwisata yang menyatakan bahwa Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian dari jenis bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi kepentingan umum yang dikelola secara komersial (Keputusan Menteri Pariwisata, Pos Telekomunikasi RI). Conrad Bali Resort and Spa merupakan salah satu hotel bintang 5 Luxury yang berada di Bali dan merupakan satu-satunya Conrad Brand yang ada di Indonesia yang tergabung dalam Hilton Group tepatnya berlokasi di Tanjung Benoa, Nusa Dua serta dekat dengan kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC Bali). Dalam pengoperasiannya Conrad Bali Resort and Spa terdiri dari beberapa Department diantaranya: Front Office Department, Housekeeping Department, Sales & Marketing Department, Accounting Department, Human Resources Department, Engineering Department, Food and Beverages Department, dan Security Department. Front Office Department merupakan kantor depan yang memberikan kesan pertama bagi tamu yang datang ke hotel, sehingga Front Office Department memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam membentuk dan memberikan kesan yang baik untuk tamu. Front Office Department di Conrad Bali Resort and Spa terbagi dalam beberapa section yaitu Front Office Manager, Room Division Admin, Guest Relation Manager, Senior Assistant Guest Service Manager, Assistant Guest Relation Manager, Concierge, Guest Relation Officer, Japanese Guest Relation, Guest Service Officer, Airport Representative, Conrad Service, Conrad Suite Manager serta Guest Relation Conrad Suite. Dalam operasionalnya Front Office Department selain staff, Daily Worker juga melibatkan Trainee didalamnya. Menurut (Darsono.1992) mendeskripsikan “Bellboy sebagai petugas yang bertanggung jawab terhadap penanganan barang bawaan tamu serta menjalankan tugas-tugas dari atasannya”. Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah Guest Service/Bellboy merupakan salah satu section yang bertugas dalam menangani barang bawaan tamu baik pada saat tamu check in ataupun pada saat tamu melakukan check out bahkan juga menangani barang tamu ketika terjadi room moving dari kamar yang sebelumnya ke kamar yang baru. Penanganan barang bawaan tamu sangatlah penting dan dilakukan dengan hati-hati dan teliti sehingga tamu merasa nyaman ketika barang tamu mendapatkan penanganan yang baik, pekerjaan itu dilakukan dengan penuh kehati-hatian sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan guna untuk meningkatkan pelayanan serta meminimalisasi terjadinya kesalahan seperti barang tertinggal, barang hilang ataupun barang tamu yang tertukar dengan tamu yang lainnya, yang dapat menimbulkan kesan yang buruk bagi tamu terhadap pelayanan yang diterima. Dalam penanganan barang tamu tentu membutuhkan tenaga kerja yang terampil, memiliki kemampuan yang baik, serta dapat berkomunikasi yang baik dalam menangani barang tamu baik tamu individual ataupun tamu grup. Penanganan barang tamu dimulai ketika tamu datang dan tiba di hotel, ketika tinggal hingga tamu akan meninggalkan hotel dan mempercayakannya kepada Guest Service untuk menangani barang bawaan tamu. Untuk barang bawaan tamu grup saat check in biasanya terjadi dalam dua situasi yang berbeda; dimana yang pertama, adalah barang tamu akan tiba terlebih dahulu dengan kendaraan khusus seperti mobil box/minivan dan tamu yang menjadi pemilik akan tiba beberapa saat setelahnya ataupun sebaliknya, dan situasi yang kedua yaitu barang bawaan tamu datang secara bersamaan dengan tamu, begitu juga pada saat tamu grup yang akan melakukan check out, tamu akan meminta layanan pengambilan barang ke kamar oleh guest service untuk dibawakan ke lobby dan ada juga tamu yang lebih memilih untuk membawa barangnya sendiri ke lobby. Dalam penanganan barang bawaan tamu grup dengan penanganan tamu individual tentu terdapat perbedaan yang signifikan karena dilihat dari jumlah barang bawaan tamu tentu barang bawaan tamu grup lebih banyak dan pastinya akan mendapatkan penanganan yang khusus. Hal inilah yang mendasari adanya kketertarikan untuk menyusun Tugas Akhir dengan judul “Penanganan Barang Bawaan Tamu Grup Saat Check In dan Check Out Oleh Guest Service Officer Pada Conrad Bali Resort and Spa”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Nyoman Ganti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 03:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 03:01 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8050 |
Actions (login required)
View Item |