Analisis E-WOM, Brand Image, Brand Trust, dan Online Trust dalam Meningkatkan Minat Pembelian di The Laguna, A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua Bali

Putri, Dhea Shavira Alika and Nadra, Nyoman Mastiani and Sari, I Gusti Agung Mas Krisna Komala (2023) Analisis E-WOM, Brand Image, Brand Trust, dan Online Trust dalam Meningkatkan Minat Pembelian di The Laguna, A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834118_0025116207_0028098802_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834077_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sekaligus pengaruh dari electronic word of mouth, brand image, brand trust, dan online trust terhadap Minat Pembelian di The Laguna, A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua, Bali, serta menentukan faktor manakah yang paling dominan dalam meningkatkan minat pembelian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dihitung dengan rumus slovin yang ditentukan dengan metode non probability sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni mix method design merujuk pada explanatory sequential design, dimana analisis kuantitatif dengan menggunakan analysis regresi linear berganda pada tahap pertama kemudian dianalisa secara lebih mendalam dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa The Laguna, A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua, Bali, sudah mengimplementasikan electronic word of mouth, brand image, brand trust, dan online trust nilai dari koefisien determinasi dari analisis kuantitatif sebesar 61,9%. Faktor dominan berdasarkan nilai sumbangan efektif menunjukkan bahwa E-WOM memiliki persentase yang paling berdampak dalam meningkatkan Minat Pembelian di The Laguna, A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua, Bali sebesar 20,79%, diikuti oleh Brand Trust sebesar 13,74%, selanjutnya Online Trust sebesar 12,88% dan yang terakhir Brand Image sebesar 12,83%. Fenomena ini disebabkan oleh banyak nya konsumen yang memberikan ulasan atau komen. Sehingga, terjadilah komunikasi antara konsumen dan calon konsumen di sosial media. Selain itu konsumen juga secara tidak langsung mempromosikan produk/jasa di The Laguna, A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua, Bali di media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Dhea Shavira Alika Putri
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:07
Last Modified: 04 Sep 2023 03:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8051

Actions (login required)

View Item View Item