Pengembangan Digital Branding pada UMKM Kerajinan Ukiran Kayu Milik Bapak I Ketut Mudayasa di Desa Selat Karangasem

Putri, Ni Kadek Ayuniana and Widiantara, I Made and Sanjaya, Ida Bagus (2023) Pengembangan Digital Branding pada UMKM Kerajinan Ukiran Kayu Milik Bapak I Ketut Mudayasa di Desa Selat Karangasem. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 (Kesimpulan & Saran) dan Referensi)
RAMA_63411_2015713174_0018027901_0030076308_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713174_full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Brand (merek) adalah nama dan simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap, atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu, dengan demikian dapat lebih mudah membedakan barang dan jasa yang dihasilkan oleh para kompetitor. Aktivitas membuat brand dinamakan branding, untuk mempertahankan brand yang dimiliki perusahaan, perlu adanya marketing (pemasaran). Dijaman yang serba digital ini, sangat perlu yang namanya digital marketing salah satunya yaitu media sosial, saat ini banyak pelaku UMKM yang masih belum menerapkan digital marketing dalam membranding usahanya. Salah satunya UMKM kerajinan kayu milik bapak I Ketut Mudayasa di desa Selat, Karangasem, usahanya perlu dikembangkan melalui marketing branding. Dalam penelitian ini terdapat 1 rumusan masalah yang ditetapkan, rumusan masalah tersebut yaitu, “Bagaimana Pengembangan Digital Branding Pada UMKM Kerajinan Ukiran Kayu Milik Bapak I Ketut Mudayasa Di Desa Selat Karangasem?” Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang dilakukan langsung dengan pemilik usaha kerajinan ukiran kayu yaitu dengan Bapak I Ketut Mudayasa, serta menggunakan teknik studi dokumentasi. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini yaitu terbentuknya brand perusahaan mulai dari segi nama usaha, filosofi, visi & misi perusahaan, serta memiliki media sosial sebagai sarana promosi di era digial saat ini. Sehingga perusahaan ukiran kayu milik bapak I Ketut Mudayasa dapat semakin perkembang dikenal banyak orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Ayuniana Putri
Date Deposited: 09 Sep 2023 15:12
Last Modified: 09 Sep 2023 15:12
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8063

Actions (login required)

View Item View Item