Analisis Desain Rangka Alat Praktikum PLTPH dengan Turbin Crossflow dan Pelton Berkapasitas 2 kw

Atmaja, Khema Akira Novana and Purnama, Ida Bagus Irawan and Baiti, Risa Nurin (2023) Analisis Desain Rangka Alat Praktikum PLTPH dengan Turbin Crossflow dan Pelton Berkapasitas 2 kw. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_36304_2215374019_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_36304_2215374019_0014027605_0016029202_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (986kB)

Abstract

Alat praktikum PLTPH di laboratorium kampus digunakan sebagai pembelajaran sistem sederhana dari hydro power. Pembelajaran yang dilakukan umumnya seperti: menganalisis kinerja turbin, efisien turbin/generator dan perancangan turbin. Pendekatan analisis struktur desain dan material pada sistem PLTPH jarang dilakukan. Struktur desain dan material merupakan bagian penting dari kekokohan, stabilitas serta respons rangka dalam menahan beban komponen PLTPH. Dalam konteks memperpanjang umur kinerja alat dan perancangan yang lebih presisi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain rangka alat praktikum PLTPH yang dilengkapi dengan turbin crossflow dan pelton berkapasitas 2 kW. Pada penelitian ini menggunakan metode simulasi stress analysis pada Autodesk Inventor Professional 2020 dan metode kuantitatif berdasarkan datasheet material AISI/ATSM. Spesifikasi teknis komponen PLTPH sebagai acuan dalam merancang desain rangka. Datasheet untuk mengetahui sifat mekanik material. Material rangka menggunakan 3 logam tahan korosi : aluminium 6061, galvanized steel dan stainless steel 310. Simulasi pada 2 desain: desain 1 dan desain 2 atau alternatif. Variabel pembebanan berupa distribusi pembebanan komponen PLTPH = 2.223,1 N dan batas ambang maksimum pembebanan safety factor tertinggi pada desain 1. Kelemahan desain 1 memunculkan pembuatan desain alternatif. Hasil analisis diperoleh bahwa desain rangka 1 berbentuk balok yang menghabiskan 27,16 m dalam penggunaan material. Hasil distribusi pembebanan pada desain rangka 1 terpilih material galvanized steel dengan nilai safety factor tertinggi = 14,553. Pembebanan stress test sebesar 14,553 kali lipat di desain 1 galvanized steel. Hasil simulasi stress test, sudut bagian luar dan di bawah rangka mengalami titik kritis. Oleh karena itu, alternatif desain dibuatkan dengan penambahan batang galvanized steel di sudut luar dan bawah rangka sebesar 10,64 m. Berdasarkan hasil simulasi desain alternatif, safety factor mengalami peningkatan sebesar 0,63.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Elektro
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > Prodi D4 Teknik Otomasi > Skripsi
Depositing User: Khema Akira Novana Atmaja
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:39
Last Modified: 04 Sep 2023 03:39
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item