Prosedur Sambungan Listrik Baru Pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta

Lestari, Ni Komang Candra Fortuna and Elfarosa, Ketut Vini and Rahmanu, I Wayan Eka Dian (2023) Prosedur Sambungan Listrik Baru Pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713033_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713033_0003127605_0820058802_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (419kB)

Abstract

Saat ini pelayanan di PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta memiliki berbagai pelayanan diantaranya yaitu penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara listrik dan lain-lain. Berbagai jenis layanan tersebut, penyambungan baru merupakan layanan yang digunakan pertama kali untuk menjadi pelanggan di PT PLN. Sambungan listrik baru sendiri merupakan pemasangan aliran listrik di suatu tempat untuk dapat menunjang kebutuhan sehari-hari serta untuk kehidupan yang lebih baik. Tujuan dari pelayanan sambungan listrik baru adalah untuk menciptakan kemudahan, sebagai penunjang dalam berbagai aktifitas yang memerlukan tenaga listrik. Berikut data pemasangan listrik baru di PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta. Dalam Pelaksanaan penyambungan baru sering kali tidak terlepas dari permasalahan yang menyebabkan penyambungan listrik pelanggan menjadi terhambat. Hal tersebut menyebabkan kegiatan masyarakat memiliki anggapan bahwa adanya kesulitan dalam meminta permintaan layanan penyambungan baru di PT PLN baik dalam hal prosedur pelaksanaan maupun penempatan biaya. Untuk masalah biaya pasang baru listrik pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan sesuai kategori rumah tangga. Layanan pelanggan dilakukan menjadi proses permohonan pemasangan, pembayaran dan pemasangan. Selain terdapat permasalahan pada saat pendaftaran sambungan listrik baru ada juga permasalahan, pada saat petugas ingin memasang sambungan listrik baru seperti, pada alamat pelanggan yang tidak ditemukan karena pelanggan kurang melengkapi alamat rumah atau kurang menjelaskan daerah lokasi dan bangunan yang belum jadi sehingga terjadi keterlambatan proses pemasangan listik baru, jarak sambungan rumah terlalu jauh dan pelanggan sulit di hubungi untuk mengkonfirmasi hal terkait penyambungan baru. Pelayanan sambungan baru pada PT PLN (Persero) Unit Layanan PelangganKuta dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti web PLN, Loket PLN dan PLN Mobile. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk membahas tentang “Prosedur Pelayanan Sambungan Listrik baru pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta” Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut 1. Bagaimana prosedur penyambungan listrik baru di PT PLN (Persero) ULP Kuta? 2. Hambatan apa saja yang di hadapi dalam pelayanan sambungan listrik baru pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta? Penelitian ini menggunakan metode Observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Luaran yang di gunakan dari penelitian ini yaitu brosur tentang persyaratan sambungan listrik baru agar pelanggan tidak bingung lagi tentang persyaratan sambungan listrik baru tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Komang Candra Fortuna Lestari
Date Deposited: 09 Sep 2023 15:00
Last Modified: 09 Sep 2023 15:00
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item View Item