Pelayanan Dinner Dengan A'La Carte Menu oleh Pramusaji di Clay Craft Restaurant Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Maheni, Ni Kadek Dwi Nita and Kanah, Kanah and Solihin, Solihin (2022) Pelayanan Dinner Dengan A'La Carte Menu oleh Pramusaji di Clay Craft Restaurant Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823043_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823043_0012047004_0012066215_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (681kB)

Abstract

Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa merupakan salah satu hotel bintang lima yang terletak di Ungasan. Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa merupakan salah satu brand dari Marriot Internasional yang di kemas dengan konsep lifestyle brand. Hotel ini menyediakan fasilitas lengkap yang dapat digunakan oleh tamu selama menginap di hotel, dimana fasilitas tersebut juga sebagai profit bagi perusahaan. Salah satunya adalah Clay Craft Restaurant. Clay Craft Restaurant merupakan speciality restoran yang menyediakan masakan khas Asian dan Western yang melayani breakfast, lunch dan dinner dengan penyajian buffet maupun a’la carte. Dimana tamu yang datang ke restoran akan diwajibkan untuk melakukan scan barcode untuk memilih menu makanan ataupun minuman. Pada pelayanan dinner a’la carte menu setiap tamu yang datang akan disajikan welcome bread berupa satu softroll dan satu butter. Clay Craft Restaurant menjadi satu-satunya restoran di Bali yang memiliki Pottery Studio. Pottery Studio terletak di dalam Clay Craft Restaurant, dimana para tamu yang datang dapat menikmati makanan sambil melihat atau membuat kerajinan dari tanah liat. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk menjelaskan pelayanan dinner dengan a’la carte menu oleh pramusaji di Clay Craft Restaurant Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Metode yang digunakan pada penulisan tugas akhir ini yaitu metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik alasisis. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan adalah perpaduan kedua teknik dengan memaparkan semua data dengan kata-kata dan gambar secara jelas dan benar. Dalam pelayanan makan malam (dinner) dengan a’la carte menu oleh pramusaji di Clay Craft Restaurant, terdapat beberapa tahapan yang harus dilaksanakan demi tercapainya hasil yang maksimal. Adapun tahapan tersebut yaitu pertama tahap persiapan terdiri dari dua tahapan yaitu persiapan diri dan persiapan operasional, kedua yaitu tahap pelaksanaan operasional yang terdiri dari empat belas tahapan yaitu welcoming guest, escorting the guest, presenting the menu, taking order, repeat guest order, punch order to micros system, set-up table, serving welcome bread, serving guest order, taking care of guest satisfaction, clear up, billing, thanking the guest and clear the table, ketiga yaitu tahap penutup atau closing, dimana seluruh peralatan yang sudah selesai digunakan akan dibersihkan dan dikembalikan pada tempat semula sehingga restoran tetap bersih. Pada pelayanan dinner dengan a’la carte menu seorang pramusaji memiliki peranan yang sangat penting sesuai dengan SOP yang berlaku mulai dari tamu datang ke restoran hingga meninggalkan restoran. Kata kunci: pelayanan dinner, a’la carte menu, peranan pramusaji, pottery studio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Dwi Nita Maheni
Date Deposited: 15 Sep 2022 00:22
Last Modified: 15 Sep 2022 00:22
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item