Rekondisi Sistem Kemudi Hidrolik Power Steering sebagai Media Pembelajaran

Permana, Grandy and Putrawan, I Made Agus and Suherman, I Ketut (2023) Rekondisi Sistem Kemudi Hidrolik Power Steering sebagai Media Pembelajaran. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_21401_2015213035_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_21401_2015213035_0013068602_0031106304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (708kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat menyebabkan persaingan dunia teknologi semakin meningkat. Sehingga Politeknik Negeri Bali sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang bertanggung jawab mempersiapkan peserta didik yang handal dan mempunyai kompetensi di bidangnya. Laboratorium Otomotif merupakan salah satu lab yang ada di Politeknik Negeri Bali. Adapun kegiatan praktek yang dilakukan di Lab-otomotif salah satunya adalah simulasi sistem kemudi hidrolik power steering dimana kondisi saat ini yang sudah tidak dapat beroperasi normal karena terdapat berbagai kerusakan. Dari permasalahan yang ditemukan penulis bermaksud untuk melakukan rekondisi pada alat simulasi sistem kemudi dan power steering yang ada di Lab Otomotif sehingga dapat digunakan sebagai penunjang media pembelajaran. Sistem kemudi merupakan bagian dari sistem kendaraan yang mengatur arah gerak kendaraan sesuai yang diinginkan oleh pengendara. Power steering merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk meringankan memutar sistem kemudi kendaraan sehingga menghasilkan putaran kemudi yang ringan tanpa membutuhkan tenaga yang ekstra. Terdapat beberapa jenis sistem kemudi yaitu sistem kemudi manual tipe rack and pinion dan tipe recirculating ball dan sistem kemudi daya (power steering) tipe hidrolik power steering dan electric power steering. Adapun 2 jenis power steering yaitu integral hydraulic power steering dan rack and pinion hydraulic power steering. Analisa kerusakan pada sistem kemudi hidrolik power steering dilakukan dengan cara observasi secara visual dengan memeriksa komponen dan kinerja komponen, kerusakan pada sistem kemudi hidrolik power steering disebabkan karena pompa tidak memiliki tekanan sehingga power steering tidak dapat bekerja secara normal. Proses rekondisi sistem kemudi hidrolik power steering dilakukan melalui perbaikan/ pergantian/ penambahan komponen. Simulasi sistem kemudi hidrolik power steering yang awalnya kondisi tidak dapat berfungsi secara normal setelah dilakukan proses rekondisi dapat berfungsi kembali. Hasil dari rekondisi ini mencakup penambahan alat pengukur tekanan atau pressure gauge. Hasil dari pengujian sistem kemudi hidrolik power steering ini saat setir diputar ke kanan dan ke kiri mendapat tekanan 24 sampai 27bar atau 350 sampai 390psi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Ilmu Keteknikan Industri > Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir
Depositing User: Grandy Zulian Permana
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:49
Last Modified: 05 Sep 2023 01:49
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8185

Actions (login required)

View Item View Item