Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Trisnasari, Ni Luh Ayu and Karmana, I Wayan and Suwintana, I Ketut (2023) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644080_4107107601_0019017802_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (817kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644080_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini minat investor untuk mengambil keputusan investasi di pasar modal semakin meningkat. Nilai perusahaan menjadi salah satu penilaian bagi investor untuk menginvestasikan dananya pada perusahaan. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur nilai perusahaan adalah profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas dalam penelitian ini diproksikan dengan menggunakan Return On Asset (ROA). Leverage diproksikan dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER). Ukuran perusahaan diproksikan dengan logaritma natural dari total aset (Ln Total Aset). Price to Book Value (PBV) yang selanjutnya sebagai proksi dari nilai perusahaan. Penelitian ini menganalisis data sekunder yang diperoleh melalui Bursa Efek Indonesia berupa laporan keuangan tahunan dan laporan ringkasan harga saham pada perusahaan sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan leverage secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, variabel ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sehingga secara simultan, penelitian ini menghasilkan bahwa variabel profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Ayu Trisnasari
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:45
Last Modified: 05 Sep 2023 07:45
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8200

Actions (login required)

View Item View Item