Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pasca Pandemi Covid-19 Pada Divisi Avsec Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Tuban Bali

Widiantari, Ni Putu Ayu and Kencanawati, Anak Agung Ayu Mirah and Putra, I Made Ardana (2023) Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pasca Pandemi Covid-19 Pada Divisi Avsec Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Tuban Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full text)
RAMA_63411_2015713001_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan refrensi)
RAMA_63411_2015713001_0012067204_0031125984_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penggerak utama dalam suatu sistem kelola manajemen adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Keberadaan sumber daya manusia begitu penting dalam enititas bisnis karena merupakan penunjang utama dalam menciptakan suatu karya, kreativitas, dorongan, motivasi, dan peran nyata dalam manajemen. Hal ini lah menyebabkan keikutsertaan sumber daya manusia dalam organisasi diatur dengan adanya pemberian wewenang dan tanggung jawab. Tanggung jawab tersebut di maksudkan agar dapat mencapai hasil yang telah disepakati oleh seluruh sumber daya manusia dengan menerapkan standar tertentu suatu perusahaan dan mebuat sedikitnya tolak ukur perbandingan yang ingin ataupun tidak ingin dicapai bersama. Pandemi covid-19 sudah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. New Normal menjadi solusi supaya roda perekonomian tetap berjalan. Penerapan tatanan New Normal ini berlaku untuk semua manusia, pada tingkat individual, kelompok, dan masyarakat. Dampak covid-19 tidak hanya mempengaruhi namun juga kesehatan bahkan nyawa manusia, maka untuk menjaga kelangsungan hidup manusia di harapkan bisa hidup berdampingan dan berdamai dengan covid-19. Atinya aktivitas produktif manusia dan organisasi harus tetap di lakukan, dengan syarat harus menyesuaikan dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Begitupula pada divisi Avsec Bandar Udara Internatioal I Gusti Ngurah Rai Tuban Bali yang selama dua tahun tidak melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan sehingga perlu adanya upaya peningkatan Sumber Daya Manusia. Penggerak utama dalam suatu sistem kelola manajemen adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Keberadaan sumber daya manusia begitu penting dalam enititas bisnis karena merupakan penunjang utama dalam menciptakan suatu karya, kreativitas, dorongan, motivasi, dan peran nyata dalam manajemen. Hal ini lah menyebabkan keikutsertaan sumber daya manusia dalam organisasi diatur dengan adanya pemberian wewenang dan tanggung jawab. Tanggung jawab tersebut di maksudkan agar dapat mencapai hasil yang telah disepakati oleh seluruh sumber daya manusia dengan menerapkan standar tertentu suatu perusahaan dan mebuat sedikitnya tolak ukur perbandingan yang ingin ataupun tidak ingin dicapai bersama. Pandemi covid-19 sudah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. New Normal menjadi solusi supaya roda perekonomian tetap berjalan. Penerapan tatanan New Normal ini berlaku untuk semua manusia, pada tingkat individual, kelompok, dan masyarakat. Dampak covid-19 tidak hanya mempengaruhi namun juga kesehatan bahkan nyawa manusia, maka untuk menjaga kelangsungan hidup manusia di harapkan bisa hidup berdampingan dan berdamai dengan covid-19. Atinya aktivitas produktif manusia dan organisasi harus tetap di lakukan, dengan syarat harus menyesuaikan dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Begitupula pada divisi Avsec Bandar Udara Internatioal I Gusti Ngurah Rai Tuban Bali yang selama dua tahun tidak melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan sehingga perlu adanya upaya peningkatan Sumber Daya Manusia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini yaitu metode analisis kualitatif dimana dengan memaparkan dan meenguraikan keterangan-keterangan atau data yang telah dikumpulkan. Luaran yang diharapkan penelitian ini yaitu agar Menciptakan SDM yang kompeten mampu membawa keberhasilan pribadinya pada peningkatan kinerja organisasi. Pengembangan manusia dalam organisasi memberikan kualitas dan kemampuan kerja yang akan berdampak pada peningkatan kinerja organisasi. Dengan memilki SDM yang memiliki penilaian kinerja baik, maka kinerja organisasi dengan sendirinya akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Putu Ayu Widiantari
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:07
Last Modified: 09 Sep 2023 06:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item