Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV. Bintang Indonesia Timur

Wahyuningrat, Ni Putu Intan and Riyasa, Ida Ayu Putri Widiasuari and Elfarosa, Ketut Vini (2023) Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV. Bintang Indonesia Timur. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744147_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744147_0004119601_0003127605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Lokasi penelitian ini di CV. Bintang Indonesia Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Bintang Indonesia Timur yang melakukan pembelian produk KalsiBoard periode bulan Januari sampai November 2022 dan sampel dalam penelitian ini adalah 84 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji T. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dimana nilai thitung 2,065 dan signifikansi 0,042. (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dimana nilai thitung 3,486 dan signifikansi 0,001. (3) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dimana nilai thitung 2,438 dan signifikansi 0,017. Pengaruh secara simultan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan adalah Fhitung sebesar 12,637 dan nilai signifikansi 0,000. Saran yang dapat diberikan penulis adalah CV. Bintang Indonesia Timur harus memperhatikan harga produk yang sesuai dengan kondisi pasar, memberikan reward baik itu berupa potongan harga atau diskon kepada pelanggan yang loyal, membuat SOP mengenai sistem retur barang, menerapkan sistem FIFO pada sistem persediaan stok di gudang, menambah varian produk KalsiBoard yang dijual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Intan Wahyuningrat
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:18
Last Modified: 09 Sep 2023 06:18
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item View Item