Penanganan Premier Ocean Villa Status Vacant Dirty Menjadi Expected Arrival oleh Room Attendant di Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay

Putra, I Wayan and Suarta, I Ketut and Kanah, Kanah (2023) Penanganan Premier Ocean Villa Status Vacant Dirty Menjadi Expected Arrival oleh Room Attendant di Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823120_0015096308_0015096308_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (875kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823120_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pembahasan pada bab IV, maka penulis dapat menarik simpulan sebagai berikut: 1. Penanganan Premier Ocean Villa Status Vacant Dirty Menjadi Expected Arrival Oleh Room Attendant di Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay a. Tahap Persiapan Tahap persiapan meliputi persiapan diri, persiapan peralatan dan perlengkapan, pengarahan, pengambilan village key, dan room assignment. b. Tahap Pelaksanaan Dalam tahap pelaksanaan dimulai dari memasuki villa, menghidupkan electricity dan membuka curtain, mengambil sampah, memeriksa hot water pada wash basin, mencuci chinaware, glassware, dan silverware pada villa, membersihkan living area dan membuka sundeck, melakukan striping linen kotor, mengambil linen bersih, membersihkan dan menata bathroom area, melengkapi towel dan yukata, melakukan making bed, membersihkan kaca pada kamar villa, melakukan dusting, mengecek expired date pada minibar, melengkapi guest amenities dan supplies, melakukan sweeping, melakukan lobby dusting, melakukan mopping, double checking, mengisi time-out pada room assignment. 68 c. Tahap Akhir Tahap terakhir yang dilakukan adalah tahap penyelesaian yang meliputi: pengembalian alat-alat yang digunakan saat bekerja ke pantry, mengembalikan village key dan room assignment di housekeeping office. 2. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penanganan premier ocean villa di Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay yaitu : a. Linen yang spot disebabkan oleh kurang maksimalnya proses pencucian, biasanya terdapat bintik-bintik kuning atau hitam, cara mengatasinya yaitu dengan cara meletakkan bagian spot pada sheet dan duvet dibagian dalam lipatan, sehingga spot tidak terlihat langsung, ini berlaku pada spot yang minim, untuk towel cukup menukar pada kamar villa yang vacant. b. Pekerjaan yang tidak terselesaikan dengan maksimal, cara mengatasinya yaitu dengan cara meminta bantuan room attendant di section lain yang pekerjaan di section-nya sudah selesai untuk membantu penanganan premier ocean villa sehingga dapat mempersingkat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Wayan Yusa Darmadi Putra
Date Deposited: 05 Sep 2023 05:55
Last Modified: 05 Sep 2023 05:55
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8363

Actions (login required)

View Item View Item