Maheswari, Dewa Ayu and Astuti, Ni Wayan Wahyu and Anggraheni, Raden Roro Rieta (2023) Penanganan Pemesanan Kamar Melalui Website di Maya Ubud Resort & Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823151_0020078401_0017018908_part .pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (637kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823151_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penanganan Pemesanan Kamar Melalui Website di Maya Ubud Resort & Spa terdiri dari 3 tahap yaitu sebagai berikut. 1. Tahap Persiapan. Tahap persiapan ini terdiri dari persiapan diri yang di dalamnya mencakup mengenai kebersihan dan kerapian diri dan persiapan perlengkapan penanganan reservasi tersebut yang mencangkup semua peralatan yang digunakan agar berjalan lancar dan mempersiapkan area kerja dengan cara membersihkan dan merapikan area kerja agar terlihat rapi dan nyaman untuk bekerja. 2. Tahap Pelaksanaan. Dalam tahap pelaksanaan ini reservation agent bertugas untuk menangani pemesana kamar melalui website adapun langkah – langkahnya yatiu: membuat folder baru kemudian melakukak e-filing, setelah itu reservation agent, mengecek tanggal check-in dan check out, mengecek jumlah tamu yang akan menginap, mengecek kategori kamar dan jumlah kamar, memilih arrangement, mengecek nomor voucher, selanjutnya reservation agent akan mengecek harga da melakukan update rate code, guest profile dan mengecek pembayaran kamar oleh tamu. Sesudah itu reservation agent harus mengisi reservation remark, melakukan update flight detail, memilih segment dan souce engine. 3. Tahap Akhir. Pada tahap akhir reservation agent akan mengecek ulang pekerjaannya setelah itu reservation agent menutup reservasi pada sistem dengan cara menekan “excute” dan secara bersamaan akan muncul notifikasi mengenai master bill, reservation agent harus menekan “yes” agar master bill aktif, setelah menekan “yes” reservasi pada sistem akan otomatis tertutup dan master bill sudah aktif, kemudian reservation agent akan mengirimkan tamu tersebut surat konfirmasi atau confirmation letter, Setelah surat konfirmasi terkirim, reservation agent akan mengecek apakah surat tersebut sudah benar terkirim dengan cara melihatnya pada pojok kanan atas di email tersebut. Sementara itu hambatan-hambatan yang dihadapi dan cara mengatasinya saat menangani pemesanan kamar melalui website oleh reservation agent di Maya Ubud Resort & Spa terdari dari point – point berikut. 1. Reservasi tamu tidak masuk ke sistem VHP, cara mengatasi adalah reservation agent membuatkan reservasi baru secara manual pada sistem VHP. 2. Tamu tidak bisa membayar pada reddot payment yang sudah tertera pada sistem, cara mengatasinya reservation agent akan mengirimkan payment link ataupun tamu bisa melakukan pembayaran via bank transfer. 3. Tamu komplain karena tidak mendapatkan benefit yang seharus didapat, cara mengatasinya adalah reservation agent harus meminta maaf terlebih dahulu, kemudian memberitahu department lain mengenai benefit yang didapatkan oleh tamu tersebut dan juga mengisi di reservation remark pada sistem VHP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Dewa Ayu Putu Intan Anggita Maheswari |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:57 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:57 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8385 |
Actions (login required)
View Item |