Penilaian Kinerja LPD Desa Adat Madenan Menggunakan Pendekatan Berbasis Balanced Scorecard

Fanie, Luh Kazuyo Hirao and Subratha, I Nyoman and Subiyanto, Paulus (2023) Penilaian Kinerja LPD Desa Adat Madenan Menggunakan Pendekatan Berbasis Balanced Scorecard. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644163_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644163_0002086212_0022066108_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Madenan memiliki bisnis utama yaitu penjualan kredit. Selama tahun 2020 sampai dengan 2022 jumlah persentase kredit bermasalah pada LPD Desa Adat Madenan melebihi batas NPL adalah 5%. Hal tersebut menunjukan bahwa LPD Desa Adat Madenan digolongkan tidak sehat. Sehingga penilaian terhadap kinerja keuangan dan non kuangan dibutuhkan untuk menggambarkan keberhasilan pencapaian dalam menghasilkan laba. Suatu model yang digunakan adalah dengan metode balanced scorecard karena mencakup seluruh aspek dalam suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja LPD Desa Adat Madenan dengan menggunakan empat perspektif balanced scorecard. Penelitian ini menggunakan data dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2022. Data yang digunakan berupa data primer yaitu berupa wawancara dengan ketua dan bagian akuntansi LPD serta data sekunder berupa laporan keuangan, daftar kredit berjalan, daftar pelanggan, data produk dan jasa, dan jurnal penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam mengukur kinerja menggunakan balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, serta indikator perhitungan rasio dalam mengukur kinerja pada perspektif keuangan. Hasil penelitian berdasarkan balanced scorecard menunjukkan pada perspektif kuangan serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kurang baik. Berdasarkan penilaian terhadap perspektif pelanggan sudah menunjukkan hasil yang baik dan pada perspektif proses bisnis internal cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Luh Kazuyo Hirao Fanie
Date Deposited: 05 Sep 2023 11:16
Last Modified: 05 Sep 2023 11:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item View Item