Pelayanan Dinner dengan Buffet Service untuk Guest Group oleh Pramusaji di The Cafe Restaurant The Mulia, Mulia Resort and Villas

Radityana, Putu and Harisal, Harisal and Suardani, Made (2022) Pelayanan Dinner dengan Buffet Service untuk Guest Group oleh Pramusaji di The Cafe Restaurant The Mulia, Mulia Resort and Villas. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823053_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823053_0001108404_0012037302_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB)

Abstract

Dalam tahapan pelayanan Dinner untuk Guest Group oleh Pramusaji di The Cafe Restaurant ada beberapa tahap yang dilakukan yaitu tahap persiapan sebelum memulai suatu pekerjaan, tahap persiapan sangat penting dilakukan untuk memperlancar segala kegiatan yang akan dilakukan. Tahap persiapan juga sangat penting agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada tamu selanjutnya yaitu tahap pelayanan Dinner untuk Guest Group yang terdiri dari: menyambut tamu dan mengucapkan salam serta mengantarkan tamu ke tempat duduk dan memperkenalkan diri, menjelaskan spacial menu di buffet, menawarkan minuman, menulis pesanan tamu, menuangkan ice water, menyajikan minuman, menawarkan bantuan, melakukan ajusting cutleries kotor, memberikan bill, dan clear-up table serta mengucapkan terimakasih ketika tamu sudah selesaidan yang terakhir adalah tahap penutupan pelayanan Guest Group di The Cafe Restaurant untuk last order berakhir pada pukul 22.30. Sebelum close order 15 menit sebelum pramusaji harus menginformasikan kepada tamu bahwa dinner akan segera ditutup, serta melakukan clear-up peralatan baik kotor dan bersih yang dipakek saat dinner dan dibawa ke back office dan steward, dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk breakfast. Dalam memberikan pelayanan di The Mulia, Mulia Resort and Villas terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pramusaji dalam memberikan pelayanan Guest Group. Adapun kendala yang dihadapi oleh pramusaji yaitu: Miss-komunikasi antar-Pramusaji, Pramusaji yang kurang menguasai bahasa selain bahasa inggris, Kurangnya Briefing saat memulai pekerjaan,dan Terjadinya kesalahpahaman antara departmen lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Putu Radityana
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:17
Last Modified: 15 Sep 2022 01:17
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item