Sukasih, Ni Wayan and Wijayati, Ni Luh Made and Rumini, Ni Luh Putu Inten (2023) Evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Guest Request pada Housekeeping Coordinator di Hotel The Laguna, A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua, Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713022_0014016406_0010106214_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (851kB) |
|
Text (Full Tekt)
RAMA_63411_2015713022_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Administrasi merupakan suatu fungsi yang memiliki peran penting terhadap tercapainya kelancaran usaha kegiatan maupun usaha yang dilakukan dalam sebuah perusahaan atau oraganisasi. Perhotelan merupakan Industri yang sangat maju,dengan perkembanganya yang sangat pesat membuat pariwisata sangat diminati, segala department yang ada dalam sebuah hotel memerlukan administrasi seperti department human resource, in room dining, front office, sales and marketing dan housekeeping. Housekeeping merupakan department yang bertugas menjaga kebersihan seluruh area hotel dalam pengalokasian, proses pengelolaannya, dan mengontrol kegiatan yang ada dalam housekeeping department diperlukan seorang coordinator. Standar Operasional Prosedur Guest Request merupakan SOP yang sering digunakan dalam kesehariannya, maka dalam pelaksanaanya wajib sesuai dengan SOP untuk meminimalisir kesalahan dalam kegiatan operasional, pada occupancy tinggi terkadang standar operasional prosedur guest request tidak di terapkan sesuai standar, maka perlu di perbaharui dimana perlu adanya penambahan tahapan dalam proses penerapan standar operasional prosedur dan dalam pelaksanaanya masih ada beberapa yang belum diterapkan sesuai dengan SOP serta diperlukan pengembangan dalam standar operasional prosedur tersebut hal yang perlu di tambahkan seperti formulir dan laporan guest request, sehingga hal tersebut akan membuat oprasional berjalan lebih efektif. Maka dari itu standar opersional prosedur guest request wajib di evaluasi dan dikembangkan agar standar operasional tersebut dapat digunakan dengan efektif dan efisien. Dalam penelitian ini ada 3 rumusan masalah yang ditetapkan diantara "Bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) Guest Request pada Housekeeping Coordinator di Hotel The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa Nusa Dua, Bali?," Apasaja kendala-kedala dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Guest Request pada Housekeeping Coordinator Di Hotel The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa Nusa Dua, Bali? dan “Bagaimana Evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Guest Request pada Housekeeping Coordinator di Hotel The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa Nusa Dua, Bali?”. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Lauran yang diharapkan pada penelitian ini adalah Hasil Evaluasi Standar Operasinal Perosedur Guest Request pada Housekeeping Coordinator di Hotel The Laguna, A Luxury Collectiom Resort and Spa Nusa Dua, Bali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Humaniora |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Wayan Sukasih |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 00:08 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 00:08 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8462 |
Actions (login required)
View Item |