Peran Canvassing Dalam Pemasaran produk Tabungan Emas PT Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran

Suandewi, Ni Komang Pitri and Nurfakhrurozi, Rifqi and Sukartini, Ni Wayan (2023) Peran Canvassing Dalam Pemasaran produk Tabungan Emas PT Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5dan Referensi)
RAMA_63411_2015713084_0029096404_0018108809_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (full Text)
RAMA_63411_2015713084_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka yang menjadi pokok permasalahan pada penelitian ini adalah, sebagai berikut : 1. Bagaimana peran canvassing dalam penjualan Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran? 2. Apa saja hambatan dalam penjualan Tabungan Emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran? 3. Bagaimana Solusi dalam menghadapi hambatan penjualan Tabungan Emas pada PT. Pegadaian (Perserp) Cabang Jimbaran? METODE ANALISIS Lokasi Penelitian Penelitian ini mengambil lokasi di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran, yang beralamat di Kab Badung, Kuta Selatan Jimbaran Bali -80361. 2. Objek Penelitian Yang menjadi Objek dalam penelitian ini adalah mengenai peran canvassing dalam penjualan Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran 3 Data Penelitian A. Jenis Penelitian Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : 1. Data Kuantitaif adalah data penelitian berupa angka-angka yang akan diukur menggunakan statistic sebagai alat uji penghitun, berkaitan dengan masalah yang diteliti untuk menghasilakn suatu kesimpulan (Sugiyono, 2017). Data kuantitatif dalam penelitian ini adalah berupa angka atau jumlah yang berhubungan dengan jumlah customer tabungan emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimabran. 2. Data Kualitatif adalah data yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar (Sugiyono, 2017). Data kualitatif dalam penelitian ini adalah berupa informasi atau keterangan-keterangan yang berhubungan dengan penelitian pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimabarn. B. Sumber Data Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : 1) Data Primer Data Primer adalah data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data. (Sugiyono, 2017) Pada penelitian ini, data-data yang diperoleh secara langsung dari PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran melaui wawancara berkenaan dengan topik yang di angkat dalam penelitian. 2) Data Sekunder Data sekunder adalah sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data (Sugiyono, 2017) Data sekunder pada penelitian ini yaitu berupa softfile PDF terkait dengan peran canvassing dalam penjualan Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran, artikel resmi dari website PT. Pegadaian, buku dan jurnal. C. Teknik Pengumpulan Data 1) Wawancara Wawancara adalah komunikasi antara dua pihak atau lebih yang bisa dilakukan dengan tatap muka di mana salah satu pihak berperan sebagai interviewer dan pihak lainnya berperan sebagai interviewee dengan tujuan tertentu, misalnya untuk mendapatkan informasi atau mengumpulkan data, interviewer menanyakan sejumlah kepada interviewee untuk mendapat jawaban (Fadhallah, 2021). Dalam hal ini, penulis melakukan wawancara dengan CRO dan customer Tabungan Emas PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jimabaran. 2) Observasi Observasi adalah teknik pengumpulan data untuk mengamati perilaku manusia, proses kerja, gejala alam, dan responden (Sugiyono 2017: 203). Dalam penelitian ini, penulis melakukan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, kemudian mengadakan pencatatan data yang diperlukan sesuai dengan pembahasan. 3) Studi Pustaka Studi Pustaka adalah pencarian kajian teoritis dan referensi lain yang terkait nilai, budaya, dan norma yang berkembang pada situasi sosial yang diteliti (Sugiyono, 2017). Dalam hal ini, penulis mencari sumber seperti buku maupun jurnal yang berkaitan dengan tugas akhir ini. 4) Teknik Analisis Data Teknik analisis data adalah proses pengumpulan data secara sistematis untuk mempermudah peneliti dalam memperoleh kesimpulan. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode menurut Miles & Huberman dalam Hardani,dkk (2020:163) yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: 1) Reduksi Data Reduksi data diartikan sebagai proses untuk merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. Dalam penelitian ini reduksi data dilakukan pada saat penulis memperoleh data dari PT.Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran, Penulis kemudian menyederhanakan data tersebut dengan mengambil data-data yang mendukung, sehingga data-data tersebut mengarah pada kesimpulan yang sesuai serta dapat dipertanggungjawabkan. 2) Penyajian Data Miles & Huberman membatasi suatu penyajian sebagai sekumpulan informasi tersusun yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Dalam menyajikan data dalam penelitian ini, penulis menyajikan berupa narasi kalimat, gambar/skema, flowcharts dan tabel. 3) Penarikan Kesimpulan Langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang disajikan penulis akan menjurus kepada jawaban dari pertanyaan penelitian yang mengungkap temuan-temuan yang didapat dari kegiatan penelitian tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perbankan
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Komang Pitri Suandewi
Date Deposited: 09 Sep 2023 07:05
Last Modified: 09 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item View Item