Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Gap Analysis dan Importance Performance Analysis Pada Hotel Swiss-belresort Pecatu

Dewi, Ni Made Novi Kurnia and Prayustika, Putu Adriani and Marheni, Lily (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Gap Analysis dan Importance Performance Analysis Pada Hotel Swiss-belresort Pecatu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri bali.

[img] Text (full teks)
RAMA_93308_1915744035_full.pdf

Download (1MB)
[img] Text (part( cover,bab I,BAB V,Referensi ))
RAMA_93308_1915744035_0001048404_0007096409_part.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (730kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja tiap atribut pelayanan dalam memenuhi kepuasan pelanggan sehingga diperoleh unsur perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang tamu yang menginap di Hotel Swiss-belresort Pecatu dengan menggunakan metode penentuan sampel accidental sampling atau pengambilan sampel berdasarkan kebetulan. Analisis gap digunakan untuk mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan pelanggan dari atribut pelayanan yang sudah dikelompokan ke dalam 5 dimensi servqual. Selanjutnya, dilakukan identifikasi atribut pelayanan menggunakan metode Importance Performance Analysis pada Hotel Swiss-belresort Pecatu berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja dari atribut pelayanan yang akan dipetakan ke dalam diagram kartesius yang terdiri dari 4 kuadran. Diagram kartesius menunjukan atribut mana saja yang memiliki prioritas perbaikan untuk ditingkatkan kinerjanya. Berdasarkan hasil data yang telah dilakukan, analisis gap menunjukan bahwa hampir semua atribut mendapatkan kesenjangan yang bernilai negatif dan dilakukannya perbaikan pada atribut berdasarkan posisi dari masing-masing kuadran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Made Novi Kurnia Dewi
Date Deposited: 09 Sep 2023 15:58
Last Modified: 09 Sep 2023 15:58
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8555

Actions (login required)

View Item View Item