Strategi Pemasaran Go Local Food untuk Menjadi Produk Unggulan di The Restaurant The Trans Resort Bali

Afrivania, Gede Nanda and Damayanti, Ida Ayu Kade Werdika and Sagitarini, Luh Linna (2023) Strategi Pemasaran Go Local Food untuk Menjadi Produk Unggulan di The Restaurant The Trans Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854041_0001056408_0009127902_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854041_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada produk Go Local Food di The Restaurant The Trans Resort Bali dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk, mengetahui peluang dan ancaman produk, serta menyusun strategi pemasaran yang tepat sehingga mampu menjangkau pasar secara nasional dan internasional menyesuaikan dengan preference konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yaitu Food and Beverage Manager, Marketing Communication Team, The Restaurant Staff dan Apprentice dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan objek yang diteliti yaitu produk Go Local Food. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik analisis data berupa Matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS), Matriks External Factor Analysis Summary (EFAS), Matriks Internal-Eksternal (IE) dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi strategi pemasaran, berdasarkan hasil analisis Matriks IFAS yang menjadi kekuatan utama adalah produknya mencirikan makanan lokal Bali dan yang menjadi kelemahan utama adalah kualitas produk makanan yang dijual. Berdasarkan hasil Matriks EFAS yang menjadi peluang utama adalah pemanfaatan produk lokal dan yang menjadi ancaman utama adalah pola pengeluaran konsumen. Hasil penelitian Matriks IE menempati posisi growth (sel 1). Analisis SWOT menghasilkan 7 alternatif strategi pemasaran yaitu meningkatkan kualitas makanan, mengembangkan variasi makanan, memperbanyak promosi, menyelenggarakan paket Balinese cooking class, pelatihan up-selling, pelatihan word of mouth promotion dan meningkatkan rutinitas pemasaran melalui teknologi informasi yaitu media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Gede Nanda Afrivania
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:21
Last Modified: 06 Sep 2023 03:21
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item