Penanganan Check In Guest GHA Discovery Member di Anantara Seminyak Bali Resort

Dewi, Ni Made Ayu Chandra and Jendra, I Wayan and Widana, I Putu Krisna Arta (2022) Penanganan Check In Guest GHA Discovery Member di Anantara Seminyak Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823023_FULL..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 Dan Referensi)
RAMA _93402_1915823023_0025016005 _0711018902_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Anantara Seminyak Bali Resort adalah salah satu hotel berbintang lima yang menyediakan akomodasi perhotelan bagi wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara terutama negara bagian Australia dan Eropa sebagai target marketnya, resort ini memiliki total jumlah kamar yitu 69 unit kamar yang dibagi menjadi tiga tipe kamar yaitu Seminyak Suite,Seminyak Ocean Suite, dan Seminyak Pool Acces Suite, seluruh kamar memiliki fasilitas dan luas kamar yang sama yang membedakan hanyalah pemandangan yang didapat pada setiap kamarnya, selain itu resort ini memiliki 2 restaurant, 1 spa, 1 gym, 1 meeting room, dan 3 swimming pool. Anantara Seminyak Bali Resort merupakan salah satu hotel bintang lima yang berada tepat didepan Pantai Seminyak berada dibawah naungan Minor Manajemn dan tergabung dalam jaringan hotel international terbesar dan terkenal didunia, yaitu Global Hotel Alliance Discovery atau biasa disingkat menjadi GHA Discovery. GHA Discovery memiliki tujuan memberikan pelayanan terbaik disetiap brand yang dimilikinya. Selain itu mereka memiliki program yang disebut GHA Discovery yang mana program ini bertujuan memberikan penghargaan atas loyalitas dari para pelanggan GHA Discovery. Program GHA Discovery ini didapatkan dengan cara bergabung dengan program membership yang mana member dari GHA Discovery ini nantinya akan diberi poin yang dapat ditukarkan di semua brand hotel yang berada dalam naungan GHA Discovery diseluruh dunia. Penanganan Tamu GHA Discovery membutuhkan ketelitian dan perhatian khusus karena tamu GHA Discovery sudah setara dengan tamu VIP (Very Important Person). Penanganan check-in guest GHA Discovery member di Ananatara Seminyak Bali Resort tentu berbeda dengan penanganan tamu non member hal tersebut dapat dilihat dari salam yang diucapkan, pelayanan yang lebih prima, serta beragam keuntungan yang didapatkan seperti discount diberbagai outlet hotel, free late check out , serta free room upgrade. Dalam proses penanganan check-in guest GHA Discovery member di Anantara Seminyak Bali Resort dibagi menjadi 3 tahap yaitu a.Tahap Persiapan: Persiapan diri dan persiapan area kerja b. Tahap pelaksanaan: Proses Chek-In Guest GHA Discovery member c.Tahap Akhir: Proses input data di opera system setelah tamu menyelesaikan check-in proses. Dalam penanganan tamu member GHA Discovery tentu ada berbagai kendala yang dialami seperti masih banyaknya para member yang belum paham akan benerfit yang didapat tentu akan berbeda disetiap levelnya maka saran yang dapat penulis berikan adalah dibuatkan surat yang berisi manfaat-manfaat yang didapatkan oleh tamu member berdasarkan tingkatannya dan diberikan kepada tamu saat check-in. Agar dapat menjelaskan lebih mudah jika tamu ingin upgrade kamar tetapi manfaat tersebut tidak diperoleh oleh tamu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Made Ayu Chandra Dewi
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:35
Last Modified: 27 Sep 2022 01:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item