Penanganan Kedatangan Tamu Check-In oleh Doorman di The Apurva Kempinski Bali

Winata, I Kadek Sugiantara Adi and Antara, Dewa Made Suria and Triyuni, Ni Nyoman (2023) Penanganan Kedatangan Tamu Check-In oleh Doorman di The Apurva Kempinski Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823126_0828119301_0005077210_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (997kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823126_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Dan Kegunaan Penulisan Tugas Akhir Tujuan penulisan Adapun tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk Mendeskripsikan penanganan kedatangan tamu check-in oleh doorman di The Apurva Kempinski Bali. Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh doorman saat penanganan kedatangan tamu check-in di The Apurva Kempinski Bali dan solusinya. Kegunaan Penulisaan Bagi mahasiswa Adapun manfaat dalam penulisan tugas akhir ini antara lain Sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan Diploma III Program Studi Perhotelan pada Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali. Meningkatkan pemahaman dalam bidang front office dengan mengetahui perbandingan-perbandingan antara teori yang didapat di perkuliahan dengan kenyataan yang ada di industri. Bagi Politeknik Negeri Bali Adapun manfaat penulisan tugas akhir bagi Politeknik Negeri Bali antara lain Sebagai tambahan informasi dan pengetahuan bagi civitas akademika di lingkungan Politeknik Negeri Bali dalam bidang front office khususnya penanganan tamu oleh doorman. Sebagai sumber informasi bagi mahasiswa Politeknik Negeri Bali dan pihak lain yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penanganan kedatangan tamu check-in oleh doorman di The Apurva Kempinski Bali. Bagi The Apurva Kempinski Bali Adapun manfaat penulisan tugas akhir bagi The Apurva Kempinski Bali antara lain Penulisan tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan masukan pada front office di The Apurva Kempinski Bali tentang cara menangani kedatangan tamu check-in oleh doorman dan sebagai bahan pertimbangan bagi hotel agar nantinya dapat digunakan sebagai upaya untuk memudahkan dalam menemukan solusi untuk hambatan-hambatan yang dihadapi oleh doorman saat penanganan kedatangan tamu. Metode Penulisan Tugas Akhir Metode dan Teknik Pengumpulan Data Metode Observasi Merupakan metode pengumpulan data dengan cara mengamati dan ikut serta dalam menangani kedatangan tamu check-in di operasional hotel pada front office sehingga dapat dikumpulkan data tentang penanganan kedatangan tamu check-in oleh doorman. Metode Wawancara Merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab dan berdiskusi dengan para staf senior doorman dan assistant bell manager berkenaan dengan kedatangan tamu check-in oleh doorman. Studi Kepustakaan Merupakan metode pengumpulan data dengan cara membaca literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah penanganan kedatangan tamu check-in oleh doorman hotel front office dan concierge. Metode dan Teknik Analisa Data Metode analisis data yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah metode analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan penanganan kedatangan tamu check-in oleh doorman dengan menggunakan data-data yang didapat selama melakukan praktek kerja lapangan di The Apurva Kempinski Bali. Metode dan Teknik Penyajian Hasil Analisis Metode penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode formal dan informal. Metode formal adalah metode hasil analisis data dengan menggunakan kaidah aturan atau suatu pola dalam bahasa seperti rumus bagan diagram tabel dan gambar. Metode informal adalah metode hasil analisis data dengan pendekatan atau teknik yang kurang terstruktur atau kurang formal dalam pelaksanaan penelitian atau pengumpulan data. Metode informal mencakup wawancara tidak terstruktur dengan responden atau partisipan pengamatan langsung studi kasus penelitian tindakan atau pendekatan kualitatif lainnya yang kurang terstruktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Kadek Sugiantara Adi Winata
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:47
Last Modified: 07 Sep 2023 03:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8638

Actions (login required)

View Item View Item