Utami, Ni Wayan Putri and Sukmawati, Ni Made Rai and Budiasa, I Made (2023) Penanganan Tailor Made Incentive Study Tour Taman Rama oleh Outbound Department pada PT Golden Rama Express Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2015813035_0019036004_0031126375_Part.pdf Download (686kB) |
|
Text (Full Teks)
RAMA_93401_2015813035_0019036004_0031126375_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan kendala dalam Penanganan Tailor Made Incentive Study Tour Taman Rama Oleh Outbound Department Pada PT Golden Rama Express Bali. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan kepustakaan. Hasil dari tugas akhir ini adalah 1) terdapat 3 tahapan dalam Penanganan Tailor Made Incentive Study Tour Taman Rama Oleh Outbound Department Pada PT Golden Rama Express Bali., yaitu a. Tahap persiapan Tahap persiapan ini dimulai dengan persiapan diri, lalu menerima permintaan dari SMA Taman Rama yang kemudian diproses oleh Pihak Golden Rama dengan partnernya yang ada di Singapura yaitu Luxury Tours & Travel untuk mempersiapkan paket study tour selama 3 hari 2 malam yang akan dikunjungi oleh 74 peserta dengan 2 tour leader dari pihak Taman Rama, pada tanggal 13 hingga 15 Maret 2023. b. Tahap perencanaan Tahap perencanaan dilakukan agar tour yang akan dirancang oleh pihak Golden Rama sesuai dengan keinginan pihak SMA Taman Rama. Dalam tahap perencanaan, Golden Rama dan Taman Rama melakukam negosiasi harga melalui proposal yang dikirimkan oleh outbound tour manager pihak Golden Rama kepada Kepala Sekolah Taman Rama. c. Tahap pelaksanaan tour. Pada tahap pelaksanaan tour, tahapan ini dibagi lagi menjadi 3 tahapan yaitu: 1) Memberikan briefing sebelum tour berlangsung dimana pihak Golden Rama memberikan informasi mengenai hal-hal mengenai situasi di Singapura dan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan peserta tour yaitu SMA Taman Rama, kegiatan dilanjutkan dengan membagikan dokumen untuk masing-masing peserta tour, yaitu e-ticket, final itinerary, luggage tag, rooming list, dan lain sebagainya. 2) Melakukan early check-in di kantor Singapore Airlines yang dilakukan oleh pihak outbound tour staff Golden Rama untuk mendapatkan boarding pass peserta tour yang akan dibagikan saat hari keberangkatan tiba. 3) Melakukan airport meeting dengan menunggu peserta di meeting point sekaligus membagikan boarding pass. 4) Peserta tour kemudian diserahkan kepada tour leader untuk boarding dan melaksanakan tour di Singapura. Terdapat kendala dalam Penanganan Tailor Made Incentive Study Tour Taman Rama Oleh Outbound Department Pada PT Golden Rama Express Bali., yaitu pembatalan atau cancellation yang terjadi 2 hari sebelum keberangkatan karena permasalahan paspor, pemecahannya adalah pihak Golden Rama bersedia untuk membayar cancellation fee atau penalty yang diberikan pihak Luxury Tours & Travel. Kendala selanjutnya adalah keterlambatan peserta tour saat berkumpul di airport sebelum keberangkatan, yang diatasi dengan menanyakan alasan keterlambatan yang dialami oleh peserta tour dan peserta yang terlambat tersebut akan diberikan informasi melalui whatsApp.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Wayan Putri Utami |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:09 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:09 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8639 |
Actions (login required)
View Item |