Analisis Strategi Pemasaran Produk Kredit Produktif Pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Utama Denpasar

Utami, Ni Putu Diah Pramesty and Utami, Made Ayu Jayanti Prita and Nurfakhrurozi, Rifqi (2023) Analisis Strategi Pemasaran Produk Kredit Produktif Pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Utama Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744100_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_93308_1915744100_0013069202_0031059104_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB)

Abstract

Saat ini, persaingan antar bank sangat ketat dan memiliki daya saing yang kuat. Dalam menjaga eksistensi suatu produk perbankan maka perlu dilakukan strategi pemasaran. PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Utama Denpasar menggunakan pemasaran produk dengan pendekatan bauran pemasaran 7P. Salah satu indikasi penyebab menurunnya realisasi kredit produktif adalah persaingan yang ketat antara PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Utama Denpasar dengan bank lainnya yang merupakan kompetitor di bidang usaha sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta menentukan alternatif strategi guna meningkatkan realisasi produk kredit produktif pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Utama Denpasar dengan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat alternatif strategi antara lain strategi SO yaitu Mengandalkan lokasi bank yang strategis untuk meningkatkan target pasar yang merupakan UMKM dibawah pemerintahan daerah dan provinsi dan jaringan kantor yang tersebar diseluruh Bali. Selanjutnya strategi WO yaitu Mempertahankan suku bunga dengan menambah jenis bunga produk kredit produktif dan membuat program bundling produk kredit dengan produk dana dengan memanfaatkan promosi dengan teknologi terkini. Adapun strategi ST Menetapkan lokasi bank dengan melakukan penataan parkir dengan cara mengatur kendaraan nasabah dengan tertib atau tidak ada yang parkir dengan sembarangan. Strategi WT Memperbaiki timeline pemasaran produk kredit produktif dengan membuat kalender pemasaran agar dapat memperluas ruang lingkup promosi. Kata Kunci: Analisis SWOT, Bauran Pemasaran, Kredit Produktif, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Diah Pramesty Utami
Date Deposited: 09 Sep 2023 07:26
Last Modified: 09 Sep 2023 07:26
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8652

Actions (login required)

View Item View Item