Implementasi Eco-Friendly Behavior pada Front Office Department di Movenpick Resort and Spa Jimbaran Bali

Damayanti, Ni Putu Dewi and Susanto, Budi and Wendri, I Gusti Made (2022) Implementasi Eco-Friendly Behavior pada Front Office Department di Movenpick Resort and Spa Jimbaran Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834110_full.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834110_0025096002_0023095811_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pandemi Covid-19 berdampak terhadap terjadinya penurunan kunjungan wisatawan ke Bali, sekaligus juga berdampak pada occupancy hotel yang semakin rendah. Front Office department didasari kebijakan manajemen hotel melakukan berbagai upaya agar hotel tetap beroperasi pada kondisi sepi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi eco-friendly behaviour yang dilakukan oleh karyawan yang ada di Front Office Department pada Hotel Movenpick Resort and Spa Jimbaran Bali. Implementasi ini diterapkan untuk melakukan saving energy dan saving cost. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data seperti metode observasi dengan mengamati secara langsung. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yang merupakan karyawan yang bertugas di bagian Front Office Department. Sumber data pada penelitian ini merupakan hasil wawancara, dan selanjutnya dilakukan uji triangulasi atas keabsahan data berupa informasi diperoleh sebelumnya dari hasil wawancara. Metode studi dokumentasi dan metode studi kepustakaan dilakukan yang bersumber dari jurnal, laporan, ataupun beberapa kajian penelitian lain sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi eco-friendly behaviour atau 3R (reduce, reuse, recycle) dilakukan pada Front Office Department sangatlah efektif dalam upaya melakukan saving energy dan saving cost di masa pandemi maupun pada saat tingkat occupancy hotel menurun. Selain itu dengan implementasi 3R membuat Hotel Movenpick Resort and Spa Jimbaran Bali terlibat dalam mendukung bumi agar menjadi lebih hijau sehingga mendapatkan sertifikat green globe. Penerapan gerakan dilakukan pihak hotel ini dilakukan dengan baik dengan karyawan yang ada di Front Office Department, seiring dengan adanya kebijakan dan pemantauan dari pihak-pihak tertentu yang terlibat dalam penerapan konsep eco-friendly behaviour para staf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > Ilmu IPA
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Dewi Damayanti Ni Putu Dewi Damayanti
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:40
Last Modified: 15 Sep 2022 21:56
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item