Anindyanari, Ni Luh Putu Ayu and Suryathi, Wayan and Sukarta, I Wayan (2023) Evaluasi Penerapan Reward Dan Punishment Bagi Nasabah Kredit Pada LPD Kesiman. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
This is the latest version of this item.
Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744088_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (949kB) |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744088_0017106504_0019056004_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (798kB) |
Abstract
LPD Kesiman merupakan salah satu lembaga keuangan di Kota Denpasar yang melayani masyarakat Desa Kesiman dalam bentuk penyaluran kredit, tabungan, dan deposito. Semakin berkembangnya LPD Kesiman tentunya memunculkan permasalahan yang dihadapi khususnya risiko kredit bermasalah/ macet. Salah satu upaya yang dilakukan LPD Kesiman untuk meningkatkan kelancaran pembayaran kredit adalah dengan penerapan reward dan punishment bagi nasabah kredit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan reward dan punishment bagi nasabah kredit serta implikasinya bagi LPD Kesiman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini merupakan karyawan bagian kredit LPD Kesiman yang merupakan karyawan yang berkaitan langsung dengan pengurusan kredit serta penerapan reward dan punishment bagi nasabah kredit pada LPD Kesiman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reward dan punishment bagi nasabah kredit pada LPD Kesiman, telah berjalan dengan baik yang penerapannya dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: penerapan reward, dilakukan kepada nasabah/debitur yang rajin dan tepat waktu dalam melaksanakan kewajibannya membayar kredit. Reward yang diberikan berupa kemudahan dalam pengurusan kredit berikutnya, nasabah/debitur akan diprioritaskan untuk diberikan kredit, serta pelayanan dan pencairan kredit lebih cepat. Penerapan punishment, dilakukan kepada nasabah/debitur dengan status kredit kurang lancar, diragukan, dan kreidt macet. Punishment yang diberikan berupa surat peringatan sampai tiga kali (SP 1-3), diundang ke kantor LPD Kesiman untuk menjelaskan kendala nasabah/debitur untuk membayar kredit, sampai pada punishment terberat yaitu penarikan agunan/jaminan kredit untuk dijual/dilelang untuk menutupi jumlah hutang nasabah/debitur pada LPD Kesiman. Implikasi atau dampak penerapan reward dan punishment bagi nasabah kredit pada LPD Kesiman. Penerapan reward dan punishment memberikan dua jenis implikasi/dampak bagi LPD Kesiman, yaitu: dampak terhadap perkembangan kredit di LPD Kesiman serta dampak terhadap tingkat disiplin nasabah/debitur di LPD Kesiman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Luh Putu Ayu Anindyanari |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 07:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 07:40 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8685 |
Available Versions of this Item
- Evaluasi Penerapan Reward Dan Punishment Bagi Nasabah Kredit Pada LPD Kesiman. (deposited 09 Sep 2023 07:40) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |