Implementasi Green Practice dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Front Office Department di Amarterra Villas Bali Nusa Dua

Astrian, Ni Luh Made Ayu and Aryana, I Nyoman Rajin and Suarja, I Ketut (2023) Implementasi Green Practice dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Front Office Department di Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834072_0004077508_0031126242_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834072_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi green practice oleh karyawan front office department dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Amarterra Villas Bali Nusa Dua serta sebagai acuan untuk mengetahui apakah ada indikator dari green practice yang kurang maksimal dan perlu ditingkatkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan cara observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada 3 informan. Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini ialah menggunakan teknik probability sampling yaitu metode simple random sampling dengan sampel berjumlah 75 responden yang diperoleh melalui kuesioner online. Hasil kuesioner tersebut diolah melalui program SPSS 25.0 for Windows. Teknik analisis data menggunakan mix method yaitu kualitatif melalui wawancara untuk mengetahui bagaimana implementasi green practice dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada front office department di Amarterra Villas Bali Nusa Dua serta kuantitatif melalui diagram kartesius IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan setelah diimplementasikannya green practice pada front office department di Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Hasil wawancara menunjukkan bahwa green practice sudah dilakukan dengan sangat baik dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan. Sedangkan hasil dari diagram kartesius IPA (Importance Performance Analysis) menunjukkan ada indikator yang sangat penting akan tetapi belum dilaksanakan secara maksimal yaitu indikator pada kemampuan karyawan front office dalam memenuhi permintaan tamu melalui aplikasi WhatsApp (X4).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Made Ayu Astrian
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:26
Last Modified: 07 Sep 2023 05:26
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8750

Actions (login required)

View Item View Item