Gristefiona, Wisti and Yulianthi, Ayu Dwi and Natalia, Sang Ayu Made Krisna Dewi (2023) Pelayanan Set Menu Dinner Teppanyaki oleh Pramusaji di Rin Restaurant Conrad Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823072_0015078501_0825128901_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823072_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pariwisata merupakan suatu kegiatan yang melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kepuasan pengalaman. Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara yang memiliki banyak keanekaragaman budaya dan keindahan alam. Indonesia menyediakan berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan manca negara maupun domestic, mulai dari wisata bahari, wisata budaya, hingga wisata cagar alam. Selain keindahan alam Indonesia juga dikenal dengan negara kepulauan yang memiliki berbagai tradisi unik yang masih dilestarikan oleh masyarakat. Bali merupakan salah satu Pulau yang ada di Indonesia yang terkenal akan tradisi serta keunikan budayanya. Bali sendiri merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia yang menawarkan kenyamanan serta keindahan alam yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Hotel bintang lima yang dibangun di bali adalah guna menunjang kebutuhan akomodasi para wisatawan yang berkunjung. Akomodasi yang memadai untuk wisatawan yang dapat memudahkan wisatawan dapat mengakses destinasi wisata akan mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia. Peran akomodasi sebagai tempat tinggal sementara wisatawan selama melakukan perjalanan atau berlibur ke destinasi wisata menjadi sangat penting. Conrad Bali merupakan salah satu hotel berbintang lima di Bali yang merupakan satu-satunya Conrad Hotels yang ada di Indonesia dibawah naungan International Brand, Hilton Worldwide. Conrad Bali berlokasi di Jalan Pratama No 168 Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Conrad Bali merupakan sebuah resort yang dibangun dengan memiliki pemandangan langsung menghadap ke Samudra Hindia dan Pulau Nusa Penida. Lokasi hotel yang mudah diakses dari Bandara Internasional Ngurah Rai menjadikan Conrad Bali sebagai resort pilihan favorit bagi wisatawan yang akan berlibur ke Bali. Conrad Bali memiliki luas area sekitar 7,4 hektar dan memiliki 368 kamar yang terletak di dua area dengan 308 kamar yang terletak di Conrad Resort dan 54 kamar yang terletak di area Conrad Suite, 5 (lima) Conrad Pool Villa dan 1 (satu) Conrad Penthouse. Setiap kamar yang ditawarkan memiliki pemandangan yang indah berupa taman, kolam yang bersih dan menarik serta pemandangan Samudra Hindia yang menakjubkan disertai bayangan Pulau Nusa Penida yang hijau. Conrad Bali juga dikenal dengan luxury five stars hotel yang juga menawarkan fasilitas makan dan minum yang lengkap, beberapa pilihan ruang meeting/ conference dan tempat penyelenggaraan berbagai jenis acara. Conrad Bali juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan dan kebugaran tubuh yang lengkap serta didukung dengan pelayanan yang ramah dan berkelas. Untuk mendukung operasionalnya Conrad Bali memiliki departemen yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya: Front Office Department, Food and Beverage Department, Property Operation, Housekeeping Department, HRD Department, Accounting Department, Reservation Departmen, Sales and Marketing, Guest Safety Department. Salah satunya bagian dari Food and Beverage Department. Food and Beverage Department atau yang biasa disingkat F&B Department merupakan salah satu department yang sangat penting disebuah hotel, karena F&B Department bertanggung jawab terhadap pengolahan makanan dan minuman yang siap dihidangkan kepada kepada tamu yang menginap di hotel maupun yang hanya berkunjung untuk menikmati fasilitas dihotel, Food and Beverage Departemen yang ada di Conrad Bali hotel dibagi menjadi dua bagian yaitu, (1) F&B Service adalah bagian dari tata hidangan yang menyajikan dan melayani tamu mulai dari pemesanan makanan dan minuman sampai tamu meninggalkan restoran, (2) F&B Product adalah bagian dari pengolahan makanan yang siap disajikan pada tamu. Food and Beverage Service yang ada di Conrad Bali memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak jauh berbeda dengan hotel-hotel lainnya yaitu sebagai penyaji makanan dan minuman bagi tamu hotel selain itu Conrad Bali hotel juga mempunyai waiter/waitress maupun staff yang memiliki kewajiban sesuai dengan tugas serta tanggung jawab yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada di Conrad Bali. Conrad Bali Hotel memiliki tiga restoran yaitu (1) SUKU Restaurant (main restaurant) yang menghidangkan makanan Asia dan internasional, seperti ayam betutu, ayam taliwang, pasta calamari ; menyediakan pelayanan makan pagi, makan siang dan makan malam ; memiliki konsep segar, modern, dan atmosfer bersemangat dengan tema every day is a Sunday ; memiliki kapasitas cukup untuk 334 orang, (2) Eight Degrees South Restaurant (seafood restaurant) restoran yang menhidangkan makanan laut (seafood) yang menyajikan hidangan laut hasil tangkapan langsung dari nelayan sehingga masih segar, seperti mahi-mahi, gurita panggang, Tuna woku dengan kapasitas 70 orang, dan (3) ketiga RIN Restaurant merupakan restoran Jepang modern yang menyediakan pelayanan makan pagi, makan siang, dan makan malam, dengan menawarkan interpretasi baru tentang rasa hindangan tradisional Jepang. RIN Restaurant menyediakan hidangan buffet, a’la Carte, dan set menu, adapun pelayanan buffet ini dibuka pada pukul 07.00 WITA – 10.30 dengan menu nya sama dengan outlet SUKU Restaurant yang menghidangkan masakan nusantara dan juga western. Pelayanan A’la Carte dibuka untuk lunch dan dinner, lunch dimulai pukul 12.00 – 16.00 WITA dengan menghidangkan menu ala Jepang, seperti salmon torch, yaki udon, katsu bento, gyoza, tori karage dan masih banyak lagi. Menu ini juga dihidangkan pada pelayanan makan malam. Adapun set menu yang dihidangkan pada Pelayanan Set Menu Teppanyaki, seperti Ume, Take, Matsu, dan Conrad. Menurut Merinda 2015:46 Teppanyaki adalah gaya masakan Jepang yang ikonik, yang dimasak di atas plat besi (teppan), terdapat kompor gas dibawah plat besi yang disertai pengontrol besar kecilnya api. Beberapa jenis masakan yang dimasak di atas teppan yaitu daging sapi, berbagai variasi masakan dari sayur-sayuran maupun makanan laut. Pelayanan set menu teppanyaki pada RIN Restaurant dapat menampung minimal dua pasangan dan maksimun 6 (enam) orang pada meja teppanyaki. Set menu yang ditawarkan yaitu : (1) Ume, yang terdiri dari appetizer seaweed salad and lemon ponzu sauce, main course chicken breast with onion, bean sprouts, bell pepper, zucchini and baby carrot, soup, fried rice or steamed rice, miso shiru and japanese pickles, dan dessert grilled pineapple with wasapi served with vanilla ice cream), (2) Take yang terdiri dari appetizer, tori karage dan spicy mayonnaise, main course 6 (enam) pieces of king prawns with onion, bean sprouts, bell pepper, zucchini and baby carrot, soup fried rice or steamed rice, miso shiru and japanese pickles, dessert grilled wasabi pineapple with vanilla ice cream, (3) Matsu yang terdiri dari appetizer tuna sashimi and amazu ponzu sauce, main course 180 gram rib-eye beef with onion, bean sprouts, bell pepper, zucchini and baby carrot, Soup fried rice or steamed rice, miso shiru and japanese pickles, dessert grilled banana raja sea salt caramel with green tea gelato. (4) Conrad yang terdiri dari appetizer tuna sashimi and amazu ponzu sauce, prawn, salmon and asssorted mushroom, main course half lobster with onion, bean sprouts, bell pepper, zucchini and baby carrot, tenderloin cube, teritaki sauce and rainbow capsicum, soup fried rice or steamed japanese rice, miso shiru and japanese pickles dessert grilled banana 'raja' sea salt caramel with green tea gelato. Pada setiap set menu ini memiliki perbedaan dari appetizer, main course maupun dessert, pada pelayanan set menu teppanyaki pramusaji akan menawarkan sake suke yang menjadi ikon hidangan sambutan (complimentary) untuk tamu ketika datang ke restoran serta memberikan oshibory, dan setelah santapan terakhir tamu akan di sajikan complimentary green tea sencha. Terkait dengan cara pelayanan set menu teppanyaki ini memiliki keunggulan berupa pertunjukan live cooking oleh chef teppan dengan atraksinya yang membuat tamu terpesona, contohnya juggling dengan melempar pisau. Atraksi juggling merupakan salah satu atraksi hiburan dan seni yang dapat memberikan kesan yang menarik untuk penonton takjub. Juggling yang dilakukan oleh chef teppanyaki adalah dengan gaya melempar, menangkap, menggerakan pisau dan benda lainya. Pertunjukkan juggling selain dengan menggunakan pisau, chef teppanyaki juga melakukannya dengan telur, garam, dan lada. Pertunjukkan lainya selain juggling adalah fire show yang dilakukan dengan menghidupkan api yang menandakan acara memasak akan dimulai, adapun tahapan persiapan alat : rum, botol plastik untuk tempat rum, bowl kecil untuk memanaskan rum, setelah itu dimulai dengan atraksi menuangkan rum ke dalam bowl yang berada di atas grill teppanyaki tunggu sedikit panas kemudian suluh dengan korek agar terjadi flambe dan diarahkan pada tangan yang sudah dilumuri dengan rum dan chef teppan melakukan atraksinya dengan menunjukan api seperti sulap didepan tamu. Pelayanan teppanyaki dapat dikatakan memakan waktu yang sangat singkat karena semua bumbu dan bahan sudah dipersiapkan di dapur belakang sehingga proses memasak di open kitchen tinggal mencampur-campurkan bahan yang sudah setengah jadi. Pengunjung akan menikmati makanan yang dimasak langsung didepan tamu Cara memasak seperti ini mampu memberi kesan yang sangat mendalam bagi pengunjung ditambah lagi dengan cita rasa yang menggunakan bumbu racikan khas chef RIN Restaurant. Sebagai seorang pramusaji, mereka dapat dikatakan sebagai helper dari chef teppan dengan mempersiapkan peralatan makan, serta menanyakan kesediaan tamu untuk memesan menu selanjutnya sesuai dengan urutan, serta membantu menjelaskan condiment makanan. Adapun tempat dilakukannya pelayanan teppanyaki ini adalah outdoor dengan pemandangan kolam renang, yang dapat menampung minimal 2 (dua) orang dan maksimal 6 (enam) orang pada meja teppan dengan ukuran 120 x 70 x 85 cm. Berdasarkan uraian di atas, akan dibahas Tugas Akhir mengenai “Pelayanan Set Menu Dinner Teppanyaki oleh Pramusaji di RIN Restaurant Conrad Bali”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Wisti Gristefiona |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 12:12 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 12:12 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8942 |
Actions (login required)
View Item |