Analisis Kinerja Novotel Bali Nusa Dua dengan Pendekatan Balanced Scorecard

Dewi, I Gusti Ayu Agung Trisna and Astawa, I Putu Mertha and Suandi, I Ketut (2023) Analisis Kinerja Novotel Bali Nusa Dua dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover- Bab 1, Bab 5, dan Refrensi)
RAMA_62301_1915644055_0017036208_0031126384_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644055_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengukuran kinerja perusahaan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi manajemen untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan dan perencanaan tujuan dimasa mendatang. Pendekatan balanced scorecard dapat mengambarkan kinerja perusahaan dari aspek keuangan dan non keuangan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan dari empat perspektif dari balanced scorecard. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan pengukuran perspektif keuangan menggunakan current ratio, debt to total asset, ROA, ROE serta net profit margin yang menujukan hasil yang baik perusahaan dapat mengurangi kerugian dan menghasilkan laba setiap tahunnnya. Pengukuran perspektif pelanggan melalui penilaian retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan yang menunjukan nilai pertambahan pelanggan setiap tahunnnya dan kepuasan pelanggan sangat baik. Pengukuran pada perspektif proses bisnis internal yang dinilai melalui perjanjian dengan pihak ketiga, proses pelayanan dan inovasi yang menunjukan hasil baik, namun masih perlu meningkatkan proses bisnis internal karena masih terdapat waktu pelayanan yang melebihi standar. Pengukuran perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang dinilai baik dari tingkat retensi karyawan yang menurun selama 3 tahun, tingkat pelatihan karyawan meningkat selama 3 tahun dan tingkat kepuasan pelanggan dinilai sangat puas. Berdasarkan empat perspektif balanced scorecard tersebutdapat dikatakan kinerja keuangan pada Novotel Bali Nusa Dua dikategorikanbaik karena didukung kinerja non keuangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Gusti Ayu Agung Trisna Dewi
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:07
Last Modified: 08 Sep 2023 00:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item