Audit Manajemen Fungsi Pemasaran pada Departemen Sales and Marketing di Hotel Maison Aurelia Sanur

Karunia, Ni Putu Maya Sriwahyuni and Yasa, Ida Bagus Anom and Hudiananingsih, Putu Dyah (2023) Audit Manajemen Fungsi Pemasaran pada Departemen Sales and Marketing di Hotel Maison Aurelia Sanur. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover- Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644040_0006036106_0020036306_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644040_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja departemen sales and marketing dapat dinilai melalui pendapatan yang mampu diperoleh. Pada tahun 2020 sampai dengan tahun 2022 realisasi pendapatan atas penjualan food and beverage belum mampu untuk mencapai anggaran yang ditetapkan sehingga terdapat selisih tidak menguntungkan. Selisih tidak menguntungkan ini mengindikasikan bahwa terdapat kelemahan pada fungsi pemasaran yang ada. Upaya dalam mencegah masalah yang mungkin terjadi dan mengetahui kelemahan lainnya maka diperlukan audit manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan efektivitas fungsi pemasaran pada departemen sales and marketing Hotel Maison Aurelia Sanur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menjelaskan suatu permasalahan yang akan diteliti secara terperinci mengenai sebuah fenomena tertentu dari suatu kelompok atau individu. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis varian dan tahapan-tahapan audit manajemen yang mencakup audit pendahuluan, review dan pengujian pengendalian manajemen, audit terinci, pelaporan, dan rekomendasi. Hasil dari penelitian ini adalah fungsi pemasaran departemen sales and marketing pada tahun 2020 sampai dengan tahun 2022 belum berjalan secara efektif. Penyebab ketidakefektifan fungsi pemasaran di tahun 2020 dan 2021 adalah pelanggan kurang puas dengan produk yang ditawarkan, penyaluran produk melalui saluran distribusi yang belum maksimal serta promosi yang lebih berfokus kepada tamu yang menginap sehingga belum mampu mencapai keseluruhan pasar. Pada tahun 2022 ketidakefektifan fungsi pemasaran disebabkan oleh porsi makanan dan minuman yang ditawarkan tidak sesuai dengan keinginan tamu, konten pemasaran saluran distribusi yang kurang menarik serta promosi yang kembali lebih berfokus pada tamu yang menginap. Berdasarkan pada kondisi tersebut, perusahaan harus melakukan inovasi pada set menu secara berkala dan menawarkan makanan dengan porsi yang sesuai dengan harga. Perusahaan juga harus memanfaatkan saluran distribusi secara maksimal dan perusahaan harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih saluran distribusi untuk mengetahui kinerja saluran distribusi tersebut serta perusahaan wajib untuk melakukan promosi dengan menargetkan keseluruhan pasar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Maya Sriwahyuni Karunia
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:59
Last Modified: 08 Sep 2023 05:59
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9047

Actions (login required)

View Item View Item