Dwiputri, Nita Juniary and Utami, Made Ayu Jayanti Prita and Sarjana, I Made (2023) Pengukuran Kinerja Koperasi Pegawai Negeri Politeknik Negeri Bali Ditinjau Dari Perspektif Balanced Scorecard. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_99308_2215764035_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (977kB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2215764035_0013069202_0031126084_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (775kB) |
Abstract
Koperasi merupakan perkumpulan orang yang secara sukarela mempersatukan diri untuk berjuang meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka melalui pembentukan sebuah badan usaha yang dikelola secara demokratis. Koperasi dianggap sehat apabila mampu mengelola keuangan atau sumber daya yang ada. Penilaian kinerja yang selama ini hanya didasarkan pada rasio keuangan saja tidak cukup membantu koperasi untuk dapat berhasil di masa mendatang. Dengan melalui pengukuran kinerja, organisasi dapat melihat dan mengevaluasi pencapaian yang telah diraih, sehingga organisasi tersebut dapat menentukan strategi yang tepat untuk digunakan di masa yang akan datang. Balanced Scorecard merupakan suatu sistem manajemen strategik atau lebih tepat dinamakan suatu “Strategic based responsibility accounting system” yang menjabarkan misi dan strategi suatu organisasi ke dalam tujuan operasional dan tolak ukur kinerja untuk 4 perspektif yang berbeda, yaitu perspektif keuangan (financial perspective), perspektif pelanggan (customer perspective), perspektif proses bisnis internal (internal business process perspective), dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (learning and growth perspective). Balanced Scorecard sebagai pengukur kinerja yang komprehensif melalui aspek keuangan dan non keuangan dengan indikator yang multidimensional. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja Pada Koperasi Pegawai Negeri Politeknik Negeri Bali jika diukur dengan menggunakan Perspektif Balanced Scorecard pada tahun 2017-2021 diperoleh hasil : (1) presfektif keuangan yang diukur dengan Current Ratio dan Net Profit Margin dinilai sehat; (2) perspektif pelanggan yang diukur dari pertumbuhan pelanggan dan Indeks kepuasan pelanggan dinilai puas dan sangat puas; (3) perspektif proses bisnis internal dinilai terlah berjalan efektif dan efisien; (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang diukur dengan produktifitas karyawan dinilai baik, retensi karyawan dinilai baik dan Indeks kepuasan karyawan meberikan persepsi rata-rata puas. Kata kunci: Balanced Scorecard, koperasi, pengukuran kinerja, empat perspektif Balanced Scorecard
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Kesekretariatan |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Nita Juniary Dwiputri |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 14:32 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 14:32 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9121 |
Actions (login required)
View Item |