Strategi Pemasaran Pada E-Commerce Double-Six Luxury Hotel Seminyak Dalam Upaya Memaksimalkan Tingkat Hunian Kamar

Aryanthi, Ni Putu Ayu Vena and Adiningrat, Gede Pradiva and Saputra, Upayana Wiguna Eka (2023) Strategi Pemasaran Pada E-Commerce Double-Six Luxury Hotel Seminyak Dalam Upaya Memaksimalkan Tingkat Hunian Kamar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744015_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5, dan Refrensi)
RAMA_93308_1915744015_0031019202_8995750022_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

E-commerce merupakan salah satu unit pemasaran pada Double-Six Luxury Hotel Seminyak yang bertugas untuk menjual kamar melalui website dan platform Online Travel Agent (OTA). Pandemi Covid-19 telah menyebabkan pergeseran tren dimana kini semakin banyak orang-orang yang memilih memesan kamar secara online. Melihat kenyataan tersebut maka peranan e-commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan hotel terutama di era new-normal sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi dari faktor internal (kekuatan-kelemahan) dan eksternal (peluang-ancaman) yang dimiliki unit e-commerce, serta bagaimana strategi pemasaran pada e-commerce yang dapat dilakukan dalam upaya memaksimalkan tingkat hunian kamar pada Double-Six Luxury Hotel Seminyak. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dan sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan bantuan Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce Double-Six Luxury Hotel Seminyak berada pada kuadran I, yang artinya berada pada posisi bertumbuh dan membangun (grow and build). Arah strategi yang cocok digunakan pada posisi ini adalah strategi intensif seperti market penetration, market development, dan product development. Berdasarkan arah strategi yang ditentukan, hasil analisis dengan Matriks SWOT memperoleh 15 strategi yang dapat diterapkan oleh unit e-commerce Double-Six Luxury Hotel Seminyak yang dibagi kedalam 4 set yaitu strategi SO,ST,WO, dan WT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni putu Ayu Vena Aryanthi
Date Deposited: 09 Sep 2023 15:23
Last Modified: 09 Sep 2023 15:23
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9499

Actions (login required)

View Item View Item