Analisis Strategi Pemasaran Usaha Telur Asin Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada 3 Industri Rumah Tangga Telur Asin Di Kota Mataram)

Adiyoga, I Ketut Pradita and Wirga, I Wayan and Waciko, Kadek Jemmy (2023) Analisis Strategi Pemasaran Usaha Telur Asin Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada 3 Industri Rumah Tangga Telur Asin Di Kota Mataram). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_99308_2215764004_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2215764004_0026076108_0012048102_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perekonomian saat ini mengalami masa pertumbuhan yang beranjak naik, sama halnya di Indonesia pada era saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat (Maulana: 2019). Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Menurut data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Mataram, Industri Rumah Tangga yang potensial berjumlah 4.959 dengan jumlah tenaga kerja 24.706. Tak bisa di pungkiri usaha rumahan ini mengalami jumlah penuruan pembeli yang signifikan dari target yang ingin dicapai pada produknya. Mengacu kepada masalah yang dihadapi oleh usaha rumahan telur asin, maka penggunaan analisis SWOT dinilai sangat sesuai. Data yang diperoleh untuk penelitian ini adalah dengan cara melakukan observasi oleh penulis, wawancara dengan pihak manajemen perusahaan dan penyebaran kuesioner kepada pelanggan Industri Rumahan Telur Asin yang ada di Kota Mataram.Analisis matriks SWOT dan faktor Internal Eksternal yang telah dilakukan menyatakan bahwa alternative strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh Industri Rumah Tangga Telur Asin di Kota Mataram dengan seluruh kekuatan dan peluang sehingga dihasilkan 12 (dua belas) alternative strategi berdasarkan pencocokan empat strategi yaitu Strategi SO, Strategi WO, Strategi ST, dan Strategi WT yang dapat digunakan untuk meminimalkan kelemahan serta ancaman pada Industri Rumah Tangga Telur Asin di kota Mataram. Strategi bauran pemasaran pada ketiga Industri Rumah Tangga Telur Asin meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process) dan bukti fisik (physical proof). Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman pada Industri Rumah Tangga Telur Asin. Diagram SWOT berada pada kuadran I yang berarti situasi perusahaan saat ini sangat menguntungkan. Industri Rumah Tangga Telur Asin di Kota Mataram mempunyai peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada. Strategi promosi yang dapat diterapkan oleh Industri Rumah Tangga Telur Asin di Kota Mataram adalah melalui strategi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal karena perusahaan berada pada sel 1 matriks IE. Kata Kunci : Pemasaran, SWOT, Industri Rumah Tangga Telur Asin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Ketut Pradita Adiyoga
Date Deposited: 09 Sep 2023 15:53
Last Modified: 09 Sep 2023 15:53
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9551

Actions (login required)

View Item View Item