Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui Media E-Commerce (Studi Kasus Pada UMKM Gustar Brownies)

Safitri, Aisya Nurul and Prayustika, Putu Adriani and Muderana, I Ketut (2023) Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui Media E-Commerce (Studi Kasus Pada UMKM Gustar Brownies). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_99308_2215764007_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2215764007_0001048404_0031126240_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi pemasar. Tanpa komunikasi, konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Penelitian tentang Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui Media E-Commerce (Studi Kasus pada UMKM Gustar Brownies) ini dilakukan karena untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan Gustar Brwonies melalui media e-commerce terlebih lagi karena bisnis ini masih tergolong baru dibentuk pada tahun 2021, kemudian untuk mengetahui peluang dan hambatan mengenai komunikasi pemasaran melalui media e-commerce Gustar Brownies. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Dan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan model interaktif untuk menjelaskan hasil dari penelitian dari Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui Media E-Commerce (Studi Kasus pada UMKM Gustar Brownies). Setelah melakukan peneliatan adapun hasil dari penelitian ini adalah analisis 8 model komunikasi pemasaran yang dilakukan Gustar Brownies serta terdapat 4 peluang dan 3 hambatan dalam penelitian ini. Gustar Brownies pada dasarnya sudah melakukan teknik komunikasi pemasaran seperti Advertising (Iklan), Sales Promotion (Promosi penjualan), Events and Experiences (Acara dan Pengalaman), Public Relation and Publicity (Hubungan masyarakat dan publisitas), Direct Marketing and Database (Pemasaran Langsung), Online and Social Marketing (Pemasaran Online dan Media Sosial), Mobile marketing (Pemasaran Mobile) namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala seperti persaingan dengan kompetitor lain, loyalitas pelanggan dan kurangnya metode pemasaran melalui direct marketing sehingga target yang ditetapkan belum mampu tercapai. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, E-Commerce, Pemasaran, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Aisya Nurul Safitri
Date Deposited: 10 Sep 2023 10:26
Last Modified: 10 Sep 2023 10:26
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item