Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Produk Logam Mulia Pada PT Pegadaian Cabang Renon

Faradisia, Komang Ayu and Kasiani, Kasiani and Utami, Made Ayu Jayanti Prita (2023) Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Produk Logam Mulia Pada PT Pegadaian Cabang Renon. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744157_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744157_0021046212_0013069202_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil perumusan faktor internal dan eksternal strategi promosi PT. Pegadaian Cabang Renon, menentukan alternatif strategi dan mengetahui hasil perumusan strategi promosi berdasarkan QSPM yang dapat menjadi prioritas PT. Pegadaian Cabang Renon dalam meningkatkan penjualan logam mulia. Dengan menggunakan metode analisis tahap input (matriks IFE dan EFE), tahap pencocokan (matriks IE dan matriks SWOT) dan tahap keputusan (QSPM). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi yang dilakukan bersama 4 ahli. Hasil penelitian menunjukan PT. Pegadaian Cabang Renon mampu menghadapi ancaman dan juga peluang dengan nilai akhir matrik IFE sebesar 3,14 dan nilai akhir EFE sebesar 3,00. Matriks IE berada di kuadran I yaitu kuat dan strategi umum yang digunakan dalam posisi ini adalah Grow and Build. Matriks SWOT menghasilkan 7 alternatif strategi yaitu meningkatkan kegiatan promosi secara rutin dengan sosial media marketing, membuat time schedule secara rutin dalam melakukan pemasaran khususnya media sosial agar tetap menjaga insight, memberikan program loyalty kepada nasabah eksisting, memberikan pelatihan serta pengembangan kepada sales marketing terkait digital marketing, melakukan penyesuaian harga dengan kondisi yang dialami agar mampu bersaing dengan kompetitor dari segi harga yang ditawarkan, memperluas target pasar dengan melakukan event dan literasi produk logam mulia secara intensif, dan meningkatkan kerjasama dengan berbgai publik perusahaan. Dari 7 alternatif strategi promosi yang menjadi prioritas yang disarankan dari hasil QSPM adalah meningkatkan kegiatan promosi secra rutin dengan sosial media marketing. Dengan nilai total TAS 6,496.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Komang Ayu Faradisia
Date Deposited: 10 Sep 2023 13:39
Last Modified: 10 Sep 2023 13:39
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9659

Actions (login required)

View Item View Item