Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas pada Kantor Akuntan Publik di Bali

Savitri, Ni Putu Dian Novita Sri and Pratiwi, Ni Made Wirasyanti Dwi and Sudiadnyani, I Gusti Agung Oka (2022) Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas pada Kantor Akuntan Publik di Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644190_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644190_0015018104_0008117605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Akuntan publik dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai agar dapat mempertahankan kepercayaan dari klien dan para pemakai laporan keuangan. Kompetensi tersebut adalah profesionalisme auditor, etika profesi, dan pengalaman auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme auditor, etika profesi, dan pengalaman auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas pada KAP di Bali. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Bali yang terdaftar dalam directory IAPI 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 auditor yang dipilih dengan menggunakan metode convenience sampling. Variabel dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profesionalisme auditor (X1), dan etika profesi (X2) berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas (Y). Sedangkan variabel pengalaman auditor (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas (Y). Secara simultan ketiga variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas dan memiliki persentase pengaruh sebesar 73,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Dian Novita Sri Savitri
Date Deposited: 15 Sep 2022 13:42
Last Modified: 15 Sep 2022 13:42
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item